Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Material Wastafel Dapur yang Tahan Lama, Apa Saja?

Kompas.com - 14/11/2023, 11:52 WIB
Anggita Budi Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Living Etc

JAKARTA, KOMPAS.com - Wastafel adalah salah satu elemen penting di dapur yang digunakan untuk mencuci piring, tangan, dan bahana makanan, seperti sayuran, buah, dan daging. 

Wastafel membantu proses memasak dalam pembersihan sehingga lebih mudah dan nyaman. Wastafel dapur hadir dalam berbagai model dan material dengan kelebihan serta kekurangan masing-masing.  

Baca juga: 6 Cara Membersihkan Wastafel Porselen agar Tetap Kinclong

Selain itu, setiap material wastafel dapur ini memiliki daya tahan yang berbeda. Namun, ada beberapa material yang dikenal tahan lama. 

Dikutip dari Living Etc, Selasa (14/11/2023), berikut empat material wastafel dapur yang tahan lama.

Stainless steel

Ilustrasi wastafel dapur.Shutterstock/ben bryant Ilustrasi wastafel dapur.
Baja nirkarat atau stainless steel merupakan salah satu material wastafel dapur yang paling populer karena ketahanannya terhadap korosi, noda, dan suhu tinggi.

Selain itu, wastafel stainless steel mudah dibersihkan dan tahan lama. Namun, stainless steel dapat menjadi mahal dan sulit diperbaiki jika mengalami kerusakan. 

Untuk menjaganya tetap dalam kondisi prima, penting membersihkan wastafel dapur stainless steel secara teratur dengan sabun dan air hangat.

Hindari menggunakan sabun berbahan keras atau pembersih kimia dan spons kasar atau sikat baja. 

Baca juga: 6 Cara Membersihkan Wastafel Porselen agar Tetap Kinclong

Fireclay

Selanjutnya, material wastafel dapur yang tahan lama adalah fireclay atau bata tahan api. Material ini populer untuk wastafel dapur karena tahan terhadap goresan, noda, panas, dan perubahan suhu.

Selain itu, wastafel dapur fireclay dapat bertahan lama, tidak berpori, enamelnya yang kuat membuatnya cukup tahan terhadap keretakan, serta memberikan tampilan sangat elegan.

Cara merawat wastafel fireclay sama dengan wastafel stainless steel, tetapi penting lebih berhati-hati karena harga barang dan perawatannya lebih mahal daripada bahan lain. 

Baca juga: 5 Cara Mengatasi Wastafel yang Tersumbat

Tembaga

Tembaga adalah bahan populer untuk wastafel dapur karena tampilannya unik dan tahan lama. Bahan ini berasal dari logam yang tahan terhadap korosi sehingga tidak akan berkarat atau terkena noda.

Wastafel tembaga juga terbukti efektif membunuh bakteri berbahaya. Namun, wastafel dapur tembaga memerlukan perawatan rutin untuk mempertahankan tampilannya. 

Baca juga: 7 Cara Membersihkan Wastafel Dapur Stainless Steel 

Engineered stone

Terakhir, material wastafel dapur yang tahan lama adalah engineered stone atau batu rekayasa. Ini adalah bahan yang populer untuk wastafel dapur karena memiliki tampilan yang mewah dan tahan lama. 

Engineered stone terbuat dari campuran berbagai bahan, termasuk semen, pasir, dan agregat. Ini dapat diproduksi dalam berbagai warna dan pola sehingga dapat meniru tampilan berbagai jenis wastafel batu alam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com