Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Ide Rak Bumbu agar Dapur Tetap Rapi dan Teratur

Kompas.com - 25/11/2023, 16:00 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.comDapur yang rapi dan teratur akan memberikan kenyamanan di dalam rumah.

Salah satu cara membuat dapur tetap rapi dan teratur yaitu dengan meletakkan rak yang berfungsi sebagai ruang penyimpanan.

Ada banyak perlengkapan dapur yang bisa disimpan dalam rak, salah satunya bumbu dapur. Rak bumbu bisa Selain membuat ruangan lebih rapi dan mempermudah kamu saat mencari bumbu yang diperlukan.

Baca juga: 4 Cara Menata Rak Bumbu Dapur yang Praktis dan Hemat Ruang

Selain itu, rak bumbu juga bisa dimanfaatkan sebagai ornamen dekorasi yang membuat ruangan lebih menarik. Maka dari itu, banyak di antara kita yang memperhatikan desain dan warna rak bumbu agar dapur tetap estetik.

ilustrasi rak bumbuShutterstock/Tony Design ilustrasi rak bumbu

Dilansir dari Good Housekeeping, Sabtu (25/11/2023), berikut ini ide rak bumbu agar dapur tetap rapi dan teratur.

Rak putar

Salah satu jenis rak yang bisa digunakan untuk menyimpan bumbu yaitu rak putar. Tak ini bisa mempermudah kamu saat mencari dan mengambil bumbu yang akan digunakan.

Kamu bisa meletakkan bumbu di dalam stoples kaca, kemudian letakkan stoples tersebut di atas rak. Rak putar bisa diletakkan di atas meja dapur atau di dalam lemari dapur yang tertutup.

Rak gantung di belakang pintu

Jika dapur kamu sempit, maka area belakang pintu bisa dimanfaatkan sebagai ruang penyimpanan tambahan. Kamu bisa meletakkan rak bumbu yang digantung di belakang pintu lemari dapur.

Baca juga: 4 Cara Menata Rak agar Tampak Menarik dan Rapi

Rak tersebut bisa digunakan untuk menyimpan stoples berisi bumbu masakan. Selain itu, makanan ringan juga bisa disimpan dalam rak tersebut.

Rak bumbu melayang

Ide rak bumbu lainnya yaitu rak bumbu melayang yang ditempelkan di dinding maupun di belakang pintu kitchen set.

Biasanya, rak terapung ini terbuat dari kayu. Selain kuat, material kayu juga memiliki tampilan yang cantik dan menarik.

Rak berbentuk U

Di dalam lemari dapur, kamu bisa meletakkan rak bumbu berbentuk U. Rak ini biasanya terdiri atas dua tingkat, sehingga bisa digunakan untuk menyimpan banyak bumbu.

Rak berbentuk U juga dapat menghemat ruang di dalam lemari. Jadi, kamu tetap bisa menyimpan bahan makanan lain di dalam satu area yang sama.

Ilustrasi rak bumbu dapur, menata bumbu dapur dengan label. SHUTTERSTOCK/ANGELICA PASQUALI Ilustrasi rak bumbu dapur, menata bumbu dapur dengan label.

Baca juga: Warna Lemari Dapur yang Disarankan dan Dilarang Menurut Feng Shui

Rak silang

Selain berbentuk U, kamu juga bisa menggunakan rak silang untuk menyimpan bumbu.

Rak ini bisa diletakkan di atas meja, digantung di dinding, atau disimpan dalam lemari. Desain berselang-seling membuat dapur terlihat lebih estetik.

Simpan dalam laci bersekat

Laci bersekat juga bisa menjadi salah satu ide rak bumbu.

Kamu bisa menata wadah bumbu di dalam laci bersama dengan perlengkapan dapur lain. Selain rapi, penyimpanan dalam laci juga membuat bumbu tetap bersih dan higienis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com