Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/10/2023, 18:20 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

Sumber The Spruce


JAKARTA, KOMPAS.comLemari dapur menjadi salah satu furnitur penting untuk dimiliki. Sama halnya dengan lemari lain, lemari dapur juga berguna sebagai tempat penyimpanan.

Dengan menyimpan peralatan dapur dalam lemari, maka dapur akan lebih rapi dan menjaga agar peralatan dapur tetap bersih. Selain itu, lemari dapur juga bisa membuat dapur terlihat lebih estetik.

Maka dari itu, gaya, warna, hingga motif lemari dapur sangat penting untuk diperhatikan. Dilansir dari The Spruce, Sabtu (14/10/2023), berikut ini sejumlah tips memilih lemari dapur menurut para desainer profesional.

Baca juga: Ternyata, Ini Keuntungan Memiliki Lemari Dapur Warna Abu-abu

Pertimbangkan kebutuhan

Hal pertama yang penting untuk dilakukan sebelum memilih lemari dapur yang mempertimbangkan kebutuhan Anda dan keluarga. Anda perlu mengetahui seberapa sering dapur tersebut akan digunakan.

Anda juga perlu mengetahui ukuran dapur di rumah. Jika dapur yang Anda miliki terlalu sempit dan Anda berencana untuk memperluas dapur, maka pertimbangkan lemari yang memiliki penyimpanan maksimal.

Ilustrasi lemari dapur. SHUTTERSTOCK/NEW AFRICA Ilustrasi lemari dapur.

Leni Calas, pendiri Ward 5 Design, merekomendasikan untuk berkreasi dengan ruangan yang dimiliki. Apabila Anda mempunyai banyak peralatan dapur, mungkin Anda perlu menambahkan lemari sudut, lemari tarik, atau meja dapur agar ruang penyimpanan semakin banyak.

Pilih lemari yang bisa digunakan di semua musim

Saat membeli lemari dapur, plastik Anda ingin lemari tersebut bisa digunakan setiap hari tanpa mengenal musim.

Baca juga: Simak, Ini 4 Tips Menata Lemari Dapur

Maka dari itu, sangat dianjurkan untuk memilih lemari yang materialnya tahan lama meskipun musim berganti. Selain hemat biaya, lemari tahan lama juga membuat Anda tidak lebih nyaman saat menggunakannya.

Pilih lemari yang cocok untuk semua gaya dapur

Tips memilih lemari dapur lainnya yaitu pilih lemari yang cocok untuk semua gaya dapur. Cara ini membuat lemari yang Anda gunakan terlihat tetap cantik meski interior dapur diubah.

Brooke Spreckman, pendiri dan desainer utama Design Hutch, menyarankan untuk menggunakan kabinet dapur bergaya shaker dengan pinggiran tipis untuk membuat tampilannya yang bersih. Model lemari seperti ini juga cocok digunakan pada dapur modern atau kontemporer.

Sebaiknya, pilih kabinet yang sederhana dan tak lekang oleh waktu. Dengan demikian, Anda tak perlu rutin mengganti lemari dapur dengan yang baru.

Baca juga: 6 Warna Lemari Dapur untuk Peralatan Putih

Perhatikan finishingnya

Hal penting lainnya yang tidak boleh dilewatkan saat memilih lemari dapur yaitu perhatikan finishing-nya. Anda bisa memastikan finishing lemari dapur rapi, cantik, dan sempurna.

Perhatikan juga warna dan motifnya. Sebaiknya pilih warna dan motif yang cocok dipadukan dengan konsep interior dapur Anda.

Pilih lemari yang tinggi

Ilustrasi lemari dapur.Shutterstock/Serghei Starus Ilustrasi lemari dapur.

Fungsionalitas dan aksesibilitas sangat penting untuk diperhatikan saat memilih furnitur dapur. Pikirkan penempatan peralatan dapur dan posisi Anda saat memasak.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com