Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Cara Membersihkan Lemari Dapur agar Bebas Kotoran dan Noda Minyak

Kompas.com - 13/09/2023, 09:41 WIB
Dominikus Wirawan Kuncorojati,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Lemari dapur merupakan salah satu bagian yang penting diperhatika ketika membersihkan dapur. Minyak, debu, dan noda dapat menumpuk di permukaan lemari dapur sehingga tidak sedap dipandang.

Selain itu, remah-remah makanan pada bagian dalam lemari dapur dapat mengundang serangga dan hama sehingg penting membersihkan lemari secara teratur. 

Untungnya, tidak sulit membersihkan lemari dapur. Dikutip dari This Old House, Rabu (13/9/2023), berikut car membersihkan lemari dapur.

Baca juga: 8 Cara Membersihkan Lemari Dapur agar Tampak Baru

Kosongkan lemari

Ilustrasi kitchen set, lemari dapur.SHUTTERSTOCK/JASON FINN Ilustrasi kitchen set, lemari dapur.
Langkah pertama membersihkan lemari dapur adalah mengosongkan lemari, lalu letakkan isinya di atas meja dapur atau tempat lain.

Setelah lemari dapur kosong, lepaskan dan buang kertas rak jika ada, kemudian bersihkan remah-remah dan debu dari rak serta laci lemari. 

Bersihkan bagian atas

Jika lemari dapursetinggi plafon, bagian atas rak bisa menjadi magnet kekacauan.

Siapkan bangku atau tangga yang kokoh untuk menjangkau bagian atas lemari dapur, lalu bersihkan debu menggunakan kemoceng bergagang panjang atau vacuum cleaner dengan sambungan sikat berbentuk bulat.

Jika minyak bercampur dengan debu, semprot permukaannya dengan cuka putih murni, taburkan sedikit baking soda, dan diamkan selama beberapa menit.

Gosok dengan spons, lalu kikis kotoran dengan alat pengikis atau kartu kredit bekas, seka kotoran yang menempel dengan lap atau tisu dapur. Selanjutnya, semprot kembali dan seka hingga kering dengan kain bersih. 

Baca juga: 5 Barang yang Sebaiknya Tidak Disimpan di Lemari Dapur

Gunakan larutan pembersih

Selanjutnya, cara membersihkan lemari dapur adalah menggunakan larutan pembersiha. Sabun cuci piring ringan dengan air panas merupakan formula aman dan efektif untuk membersihkan kayu yang dicat dan kayu dengan proses finishing.

Sabun cuci piring akan membersihkan kotoran, noda, dan penumpukan minyak pada lemari dapur.

Tambahkan sedikit cuka putih yang memiliki sifat antibakteri. Campurkan dalam botol semprot, lalu terapkan pada kain mikrofiber atau spons, bukan langsung pada permukaan kabinet untuk menghindari kayu terlalu basah.

Baca juga: 4 Cara Membersihkan Noda Minyak di Lemari Dapur Kayu, Bisa Pakai Cuka

Bersihkan dari atas ke bawah

Ilustrasi membersihkan kitchen set, membersihkan lemari dapur.SHUTTERSTOCK/UNDREY Ilustrasi membersihkan kitchen set, membersihkan lemari dapur.
Mulailah membersihkan lemari dapur bagian atas dan lanjutkan ke bawah. Bersihkan bagian dalam terlebih dahulu, yakni dinding belakang, bagian samping, kemudian rak dan laci.

Beri perhatian ekstra pada sudut-sudut. Aplikasikan larutan pembersih pada sikat gigi dan gosok dengan lembut jika perlu.

Lanjutkan dengan kain atau spons yang dibasahi sedikit air guna menghilangkan sisa-sisa sabun. Lap hingga benar-benar kering setelah dibilas, lalu tutup lemari, dan bersihkan bagian depan pintu lemari. 

Baca juga: Catat, 8 Barang Ini Harus Disingkirkan dari Lemari Dapur

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com