Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Barang yang Disimpan di Lemari Dapur Bagian Bawah

Kompas.com - 03/09/2023, 19:41 WIB
Dominikus Wirawan Kuncorojati,
Siti Nur Aeni

Tim Redaksi

Sumber Living Etc

JAKARTA, KOMPAS.com - Di dapur terdapat banyak barang yang disimpan, mulai dari peralatan memasak hingga peralatan makan. Barang-barang tersebut harus disimpan dengan rapi agar tidak kotor dan rusak.

Julie Peak seorang professional home organizer, juga mengatakan bahwa menyimpan barang-barang dengan benar akan membuat dapur tetap aman dan terorganisasi. 

Barang-barang di dapur bisa disimpan di lemari dapur bagian bawah. Dikutip dari Living Etc, Sabtu (2/9/2023), berikut sejumlah barang yang disimpan di lemari dapur bagian bawah.

Baca juga: Cara Membersihkan Lemari Dapur agar Tampak Kembali Baru

Ilustrasi barang disimpan pada lemari dapur bagian bawahSHUTTERSTOCK/RIFKY NAUFALDY Ilustrasi barang disimpan pada lemari dapur bagian bawah

Peralatan masak

Jika Anda memiliki lemari dapur rendah atau laci yang dalam, maka panci dan wajan bisa disimpan di tempat tersebut. Di Ter Avest, organizing expert dan pemilik Di is Organized menyarankan untuk menyimpan alat masak dekat dengan kompor agar bisa penggunaannya lebih efisien. 

Peralatan dapur yang berat

Selain alat masak seperi wajan dan panci, lemari dapur bagian bawah juga bisa digunakan untuk menyimpan peralatan dapur yang berat. Sebab, saat ditempatkan di bagian atas lemari bisa menyebabkan kerusakan. 

Lemari bagian bawah juga bisa digunakan untuk menyimpan peralatan yang jarang digunakan seperti oven dan air fryer. Untuk akses yang lebih mudah, Anda bisa menggunakan organizer yang dapat ditarik keluar.

Dengan demikian, barang-barang yang ada dibagian belakang bisa dijangkau dengan mudah. Untuk peralatan yang digunakan setiap hari, Julie menyarankan meletakkannya di atas meja dapur agar mudah diakses.

Baca juga: Jangan Menyimpan Kacang-kacangan di Lemari Dapur, Kenapa?

Perlengkapan pembersih

Lemari bawah, tepatnya di bawah wastafel banyak digunakan untuk menyimpan produk pembersih. Di samping mudah dijangkau, hal ini menghindari kontaminasi dari botol pecah atau wadah bocor yang dapat menetes ke bawah.

"Ini adalah tempat tepat ideal untuk menyimpan perlengkapan seperti kantong sampah, spons, dan pembersih permukaan, tapi ingatlah untuk memasang loker pengaman di pintunya jika memiliki anak kecil," kata Di.

Ilustrasi barang yang disimpan di lemari dapurSHUTTERSTOCK/NEW AFRICA Ilustrasi barang yang disimpan di lemari dapur

Peralatan masak berukuran besar

Barang yang disimpan di lemari dapur bagian bawah lainnya yaitu peralatan masak yang ukuran besar, namun ringan seperti mangkuk. Dengan menyimpannya di dalam lemari, maka dapur terlihat lebih rapi. 

"Ini akan membantu menjaga mereka tetap teratur dan memberi lebih banyak ruang untuk barang-barang lainnya," kata Julie.

Baca juga: 6 Warna Lemari Dapur untuk Peralatan Putih

Peralatan makan anak

Pertimbangkan menyimpan peralatan makan anak di lemari bawah agar anak-anak bisa menjangkau peralatan makannya sendiri. Dengan demikian, anak-anak bisa terlihat dalam proses penyiapkan makanan dan membuat mereka lebih mandiri. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com