Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak, Tips Memilih Karpet untuk Ruang Bermain Anak

Kompas.com - 03/09/2023, 14:00 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Karpet menjadi salah satu elemen dekorasi yang bisa ditambahkan pada ruang bermain anak. Selain memperindah ruangan, karpet juga bisa membuat ruangan lebih hangat.

Penambahan karpet akan membuat anak-anak bermain dengan nyaman dan aman. Namun, pemilihan karpet untuk ruang bermain anak tidak boleh sembarangan.

Sebab, karpet yang tidak berkualitas justru bisa membahayakan keselamatan anak-anak saat sedang bermain. Untuk Anda para orang tua yang sedang mencari karpet untuk ruang bermain anak, simak beberapa tips berikut ini.

Baca juga: Simak, Tips Membuat Ruang Bermain Anak di Rumah

Tips memilih karpet untuk ruang bermain anak

Dilansir dari Soalne’s Carpet Secret, Minggu (3/9/2023), berikut ini beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat hendak membeli karpet untuk ruang bermain anak.

Ilustrasi ruang bermain anak.Shutterstock/Ground Picture Ilustrasi ruang bermain anak.

  • Pertimbangkan karpet yang memiliki lapisan khusus

Ruang bermain merupakan area yang mudah kotor karena digunakan setiap hari. Jika ingin meletakkan karpet di area tersebut, sebaiknya pilih karpet yang memiliki lapisan anti noda.

Selain mencegah karpet dari noda, lapisan tersebut juga membuat karpet lebih mudah saat dibersihkan.

  • Cari karpet yang terbuat dari serat pendek dan kokoh

Karpet yang terbuat dari serat pendek dan kokoh sangat cocok ditempatkan pada ruang bermain anak. Sebab, karpet tersebut tidak mudah meninggalkan jejak kaki atau vakum.

Karpet berserat pendek dan kokoh sangat cocok untuk area yang sering digunakan. Tekstur yang kokoh juga membuat anak-anak bebas bergerak tanpa takut terjatuh.

Baca juga: 7 Ide Menciptakan Ruang Bermain Anak yang Menyenangkan dan Kreatif

  • Pilih karpet berwarna netral

Tips memilih karpet untuk ruang bermain anak selanjutnya yaitu memiliki karpet yang warnanya netral seperti krem atau coklat. Warna ini memberikan nuansa nyaman dan ceria. Selain itu, warna coklat yang cukup gelap membuat noda tidak mudah terlihat.

  • Hindari karpet bertekstur beludru

Karpet beludru sebaiknya tidak diletakkan di ruang bermain anak. Pasalnya, karpet tersebut mudah menyerap noda cair, debu, atau kotoran lain.

Tak hanya itu, karpet tersebut juga lebih sulit saat dibersihkan, sehingga kurang cocok untuk area yang sering digunakan.

  • Hindari karpet dari serat alami

Selain karpet bertekstur beludru, karpet yang terbuat dari serat alami juga sebaiknya tidak digunakan pada ruang bermain anak. Karpet dari serat alami seperti wol lebih rentan terhadap noda dan harganya relatif mahal.

Baca juga: 7 Ide Memasukkan Warna ke Ruang Bermain Anak

Sebagai gantinya, Anda bisa menggunakan karpet dari serat nilon yang warnanya lebih tahan lama, sehingga tidak perlu sering diganti.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com