Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak, Tips Membuat Ruang Bermain Anak di Rumah

Kompas.com - 11/11/2020, 16:48 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Pandemi virus corona membuat semua masyarakat harus berkegiatan di dalam rumah, termasuk anak-anak yang seharusnya bermain di luar rumah kini harus menghabiskan banyak waktunya di rumah.

Menurut psikolog anak Anastasia Satriyo, anak-anak harus tetap diajak bermain agar tetap bisa memiliki emosional mental yang baik.

"Lebih baik membatasi gadget setiap harinya, ajak bermain dengan berbagai permainan fisik," ujarnya saat konferensi pers di Jakarta, Rabu (11/11/20).

Baca juga: Ayo Main, Kampanye IKEA Mengajak Anak Bermain di Rumah

Namun, jika di rumah saja, seharusnya anak memiliki ruang bermain yang nyaman dan aman. Pada kesempatan yang sama, hal ini juga disampaikan oleh Dyah Fitrisally, Manager IKEA Indonesia.

"Sebenarnya tidak perlu ruangan yang terlalu besar dan khusus untuk bermain anak, yang penting nyaman serta aman serta orang tua bisa mengawasi anak-anak," ungkap Dyah.

Lantas, bagaimana memberikan ruang bermain yang aman dan nyaman untuk anak? Dyah memaparkannya sebagai berikut. 

Ruang Kecil

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, anak tidak perlu ruangan yang besar. Anda bisa menempatkan sebuah sudut kecil di beberapa ruangan. Misalnya di ruang tamu bisa ditempatkan sudut kecil di ruangan.

 

Baca juga: 5 Ide Mempercantik Ruang Tamu dengan Bantal Sofa

Atau di ruang makan bisa diberikan satu sudut dan letakkan berbagai alat menggambar dan permainan yang menarik.

Aman
Pastikan funitur yang ada di dalam area bermain anak aman, tidak memiliki sudut yang tajam, serta dilapisi cat yang aman untuk anak. Sebab, anak sering memakan apapun yang ada dihadapannya.

Storage
Berikan storage, atau penyimpanan di area bermain anak. Tidak hanya berguna sebagai tempat penyimpanan, namun anak juga bisa diajarkan untuk menyimpan mainannya kembali setelah digunakan.

Pilihlah storage yang memiliki warna menarik untuk anak-anak, serta yang bisa dijangkau oleh anak-anak. Jangan lupa untuk memilih storage yang aman. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com