Padukan Cat Dinding Warna Hijau dengan Dekorasi Kuning? Begini Caranya

Kompas.com - 11/11/2020, 13:01 WIB
Inspirasi ruang keluarga. Dok. IKEAInspirasi ruang keluarga.

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk menciptakan nuansa yang harmonis, hubungan antara warna dalam interior harus dipadukan dengan sempurna.

Dengan perpaduan warna yang harmonis, membuat tiap ruangan memiliki nuansa yang berbeda.

Setiap warna memiliki karakteristik yang berbeda-beda, sehingga harus dipadukan dengan warna yang lain yang memiliki karakteristik yang sejalan.

Baca juga: 5 Pilihan Warna Dinding untuk Ruang Makan

Namun, apakah bisa memadukan warna-warna yang berlawanan seperti hijau dan kuning yang memiliki karakteristik yang kuat?

Dikutip dari Decortips, Rabu (11/11/2020), berikut berbagai saran untuk memadukan kedua warna tersebut di dalam ruang rumah. 

Hijau dan kuning adalah warna yang berlawanan

Hal pertama yang harus dipahami adalah bahwa kedua warna tersebut memiliki karakter yang berlawanan.

Dalam warna hijau, bisa ditemukkan nuansa yang lebih sejuk, seperti warna biru, sedangkan untuk warna kuning sebaliknya yang menampilkan kesan cerah seperti oranye.

Namun, walaupun terpisah secara estetika, jika keduanya dapat dikoordinasikan dalam interior, kedua warna ini bisa menghasilkan efek visual yang menarik.

Baca juga: Warna-warna Dinding yang Bisa Dipilih untuk Rumah Kecil

Cara mencocokkan warna hijau dan kuning

Dalam desain interior, Anda dapat menemukan berbagai cara untuk mencocokan kedua warna ini dengan baik, berikut beberapa caranya. 

  • Anda dapat menggunakan warna kuning di beberapa bagian dinding (tidak seluruhnya) dan beberapa dinding lagi dengan warna hijau.
  • Salah satu warna bisa mendominasi ruangan. Jika Anda ingin kuning mendominasi, buatlah salah satu warna lebih gelap, seperti kuning mustard.
  • Jika Anda menggunakan warna hijau di dinding Anda, Anda dapat menggunakan tirai kuning di jendela. Dengan perpaduan ini, Anda akan mendapatkan nuansa lebih terang dan cerah.
  • Selain itu, Anda juga bisa mengaplikasikannya di kamar tidur. Aplikasikan salah satu warna tersebut di dinding, kemudian padukan dengan selimut dan aksesori dengan warna lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber Decortips
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X