Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Memperbarui Dapur Putih Tanpa Merombak

Kompas.com - 24/11/2023, 12:40 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dapur putih adalah tampilan yang klasik, itulah alasan mengapa dapur ini sangat disukai.

Dapur putih tidak akan pernah ketinggalan zaman karena bisa mengubahnya dengan mudah untuk menyesuaikannya dengan tren desain interior dan musim yang selalu berubah. 

Baca juga: 5 Warna yang Dapat Membuat Dapur Terasa Nyaman

Namun, terlepas dari fleksibilitasnya, dapur putih dapat mulai terlihat lelah dari waktu ke waktu, baik karena menampilkan lecet dan noda maupun warnanya tidak lagi menjadi tren warna saat ini.

Seperti banyak gaya yang sudah usang, kecintaan akan datang dan pergi dan cara melakukan dapur putih akan berubah seiring perubahan tren.

Untungnya, memperbarui tampilan dapur putih bisa dilakukan dengan mudah tanpa membongkarnya. Dapur putih adalah kanvas kosong untuk menghadirkan kehidupan baru, membawa gaya baru, tekstur baru, serta warna baru.

Dilansir dari Homes and Gardens, Jumat (24/11/2023), sejumlah desainer interior membagikan cara memperbarui dapur putih.  

Baca juga: 7 Warna Lemari Dapur yang Populer dan Tak Lekang Waktu

Menyegarkan meja dapur 

Ilustrasi dapur putih.Shutterstock/C Woods Photography Ilustrasi dapur putih.
Direktur Kreatif deVOL, Helen Parker, mengatakan dapat memulai memperbarui dapur putih dari meja dapur. Hal ini karena bagian paling menonjol dari sebuah dapur.

Jika meja terbuat dari kayu, ampelas kembali dan beri minyak untuk membuatnya terlihat seperti baru. Saat menentukan meja dapur, perhatikan juga keran air karena hal ini membutuhkan potongan yang berbeda di meja dapur. 

Meja dapur kayu adalah pasangan sempurna untuk lemari putih karena benar-benar menghangatkan warna yang lebih sejuk dan tajam.

Jadi, jika menginginkan pembaruan yang akan memperhalus tampilan dan lebih cocok dengan gaya dapur perdesaan klasik, tetap terlihat segar dan bersih, mengganti meja dapur saat ini dengan kayu adalah pilihan mudah. 

Baca juga: 6 Ide Dapur Bergaya Skandinavia, Hadirkan Suasana Tenang dan Nyaman

Ganti kenop perangkat keras

Selanjutnya, cara memperbarui dapur putih adalah mengganti semua kenop atau pegangan perangkat keras, seperti pintu dan lemari dapur. 

"Ini dapat membuat perbedaan besar pada tampilan akhir dapur, kualitasnya memang lebih mahal, tapi juga membuat dapur biasa tiba-tiba terasa jauh lebih mewah," lanjut Helen.

Hal ini juga menjadi trik sederhana mempercantik dapur mana pun, tapi pada dapur putih, bisa sangat berdampak karena memiliki kanvas yang benar-benar kosong untuk menambahkan bentuk, warna, dan tekstur.

Jika ingin menghangatkan dapur putih, kuningan dan emas adalah pilihan tepat. Ini adalah kombinasi klasik yang dapat menambahkan keanggunan instan pada lemari.

Namun, ada begitu banyak desainer perangkat keras yang luar biasa di luar sana. Anda bisa menjadikannya sebagai titik fokus dan membawa beberapa warna yang lebih berani untuk mengimbangi warna putih.  

Baca juga: Dapur Putih Dapat Menurunkan Harga Jual Rumah, Betulkah?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com