Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Warna yang Dapat Membuat Dapur Terasa Nyaman

Kompas.com - 24/11/2023, 08:30 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Warna memainkan peran sangat penting dalam mempengaruhi perasaan. Maka itu, ketika berbicara tentang dekorasi rumah, penting memikirkan dengan hati-hati tentang warna cat yang ingin digunakan.

Di dapur yang menjadi ruang sosial dan tempat yang sering dikunjungi di rumah, Anda harus memikirkan menggunakan warna-warna yang disukai secara pribadi serta warna yang terasa nyaman untuk mendorong suasana santai. 

Baca juga: 7 Warna Lemari Dapur yang Populer dan Tak Lekang Waktu

Selain itu, warna yang nyaman ini juga bisa mempercantik tampilan dapur, meningkatkan nafsu makan, dan mendorong keakraban. 

Nah, dikutip dari Homes and Gardens, Jumat (24/11/2023), berikut warna yang dapat membuat dapur terasa nyaman.

Aubergine 

Aubrergine menjadi salah satu tren warna dapur terbesar musim ini. Warna yang terinspirasi dari terong ini langsung menghangatkan dan sangat cocok menciptakan suasana nyaman di dapur.

Elizabeth Sherwin, Direktur Kreatif Naked Kitchens, mengatakan warna yang lebih gelap dan lebih dalam, seperti biru tua, hijau hutan, dan terong, menawarkan estetika sempurna untuk dapur yang hangat dan nyaman. 

Warna dapur yang kaya ini memancarkan drama, kecanggihan, sekaligus menciptakan ruang yang hangat dan mengundang.

Ketika berbicara tentang menata bagian dapur lainnya dengan warna terong yang kaya, Sherwin menyarankan mengakhiri tampilan dengan splashback tua yang menambahkan elemen tekstur dan aksen kayu untuk menciptakan dapur yang nyaman.   

Baca juga: 6 Ide Dapur Bergaya Skandinavia, Hadirkan Suasana Tenang dan Nyaman 

Netral

Ilustrasi dapur terorganisir dan rapiShutterstock/BM_27 Ilustrasi dapur terorganisir dan rapi
Selanjutnya, warna yang dapat membuat dapur terasa nyaman adalah netral. Mendekorasi dengan warna netral selalu menjadi pilihan yang tak lekang oleh waktu.

Jika Anda lebih suka menjaga skema warna dapur tetap sederhana, netral adalah pilihan tepat. Para ahli mengatakan warna netral mampu menciptakan lingkungan yang nyaman.

"Warna-warna netral yang terang dan hangat dalam nuansa cream dan beige menciptakan lingkungan yang nyaman serta tenang, yang sempurna untuk dapur," kata ahli warna di Behr Paints Erika Woelfel.

Ashley McCollum, ahli warna di PPG's Glidden, juga merekomendasikan memilih warna netral di dapur.

"Dust Bunny adalah warna abu-abu yang lembut, hangat, dan dusty dengan warna dasar almond untuk menambah kesan nyaman. Ini adalah warna cat yang sempurna untuk ruang terbuka," ucap Ashley. 

Jika memilih skema warna dapur nettal, Anda bisa memilih mengecat kabinet dengan warna yang sama untuk tampilan kohesif. 

Baca juga: 5 Cara Membuat Meja Dapur Tetap Rapi dan Nyaman Digunakan

Kuning

Dekorasi bernuansa kuning kerap dianggap sebagai warna yang tidak nyaman. Padahal, warna kuning yang tepat dapat menjadi warna yang dapat membuat dapur terasa nyaman karena tingkat kehangatannya yang luar biasa.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com