Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Barang Dapur yang Sebaiknya Tidak Perlu Dibeli Mahal

Kompas.com - 18/11/2023, 10:05 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Merenovasi dapur secara menyeluruh, seperti lemari yang sudah lama dan reyot, backsplash yang ketinggalan zaman, atau hanya perlu membeli beberapa peralatan dapur yang penting, membutuhkan biaya yang mahal.

Namun, tidak semua proyek merenovasi dapur harus menghabiskan anggaran. Bahkan beberapa desainer interior mengatakan ada barang-barang dapur yang tidak perlu dibeli dengan harga mahal. 

Baca juga: 4 Kesalahan Pencahayaan Dapur yang Harus Dihindari

Kristina Phillips, desainer interior yang berbasis di Ridgewood, New Jersey, Amerika Serikat, mengatakan ada begitu banyak pilihan dalam melengkapi dapur dengan harga yang sama banyaknya. 

"Sebagian besar orang setuju bahwa meja dapur dan peralatan dapur layak dibelanjakan, tapi ada beberapa barang yang tidak perlu dihambur-hamburkan agar efektif," ucapnya. 

Nah, dikutip dari The Spruce, Sabtu (18/11/2023), berikut sejumlah barang dapur yang sebaiknya tidak dibeli mahal. 

Talenan yang nahal

Ilustrasi talenan plastik dalam berbagai warna. SHUTTERSTOCK/OM RANGGA Ilustrasi talenan plastik dalam berbagai warna.
Talenan menjadi barang yang harus dimiliki dapur. Namun kata Phillips, daripada menghabiskan anggaran untuk talenan kelas atas, lebih baik memprioritaskan aspek praktis dengan talenan yang sesuai dengan anggaran Anda.

Pilih talenan yang mudah dibersihkan dan ramah terhadap pisau dengan ketebalan sekitar satu hingga satu setengah inci untuk memberikan stabilitas dan daya tahan.  

Baca juga: 7 Ide Dekorasi Dapur Klasik, Terlihat Mewah dan Nyaman

Kitchen island built-in 

Selanjutnya, barang dapur yang sebaiknya tidak dibeli mahal adalah kitchen island. Bagi banyak orang, sebuah kitchen island built-in dengan banyak ruang untuk memasak, menjamu, dan makan bersama dapat menciptakan dapur impian.

Namun, Susan Galvani, pendiri Spruce Interior yang berbasis di Charleston, mengatakan jika bekerja dengan keterbatasan anggaran, simpan impian itu untuk hari lain. 

"Meja yang berdiri sendiri, seperti meja rumah pertanian yang panjang, sebagai pengganti kitchen island built-in dapat terasa sangat nyaman dan berfungsi ganda sebagai permukaan persiapan serta meja makan," ucap Galvani. 

Baca juga: 4 Material Wastafel Dapur yang Tahan Lama, Apa Saja? 

Handuk dapur 

Ilustrasi handuk dapur.Shutterstock/New Africa Ilustrasi handuk dapur.
Handuk dapur atau serbet dapat mengeringkan tangan dan piring , membersihkan meja dapur, membantu membuka stoples acar yang keras, dan membantu Anda membawa piring panas.

Karena handuk ini digunakan berulang kali untuk berbagai tugas, Phillips menyarankan tidak membeli handuk secara berlebihan.

"Kami mencoba menggunakan handuk dapur daripada tisu kertas untuk mengurangi limbah, jadi handuk ini sering kali dibuang ke tempat cuci dan diputihkan," kata Phillips.

Namun, lantaran digunakan sehari-hari ini dan memiliki masa pakai yang pendek, tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli handuk dapur yang mewah. 

Sebaliknya, kata Phillips, simpan handuk dapur yang mahal untuk digunakan saat menjamu tamu. 

Baca juga: 7 Benda yang Bisa Diletakkan di Ambang Jendela Dapur

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com