Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Membuat Meja Dapur Tetap Rapi dan Nyaman Digunakan

Kompas.com - 22/11/2023, 18:39 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dapur tak hanya menjadi tempat memasak, tetapi juga meny8apkan makanan, berkumpul bersama keluarga, dan makan bersama.

Tak heran, meja dapur rentan kotor dan berantakan serta menarik semua jenis perlengkapan, bahkan barang non-dapur, seperti surat, dompet, jaket, mainan, kunci, atau vitamin. Hal ini membuat dapur  tampaknya mustahil untuk dibereskan. 

Baca juga: 5 Tempat Paling Kotor di Dapur yang Harus Rutin Dibersihkan

Namun, untuk merapikan meja dapur, ada beberapa solusi cepat, seperti menggantungkan kait di bagian dalam pintu lemari. Sedangkan solusi jangka panjang, seperti memilih microwave atau garasi peralatan.

Dengan merapikan meja dapur, Anda bisa membuat seluruh dapur terasa lebih tenang dan luas sehingga menjadi ruang yang lebih fungsional untuk menyiapkan makanan serta menjamu tamu.

Dilansir dari Homes and Gardens, Rabu (25/11/2023) berikut sejumlah cara membuat meja dapur tetap rapi dan nyaman digunakan

Baca juga: 6 Ide Dapur Bergaya Rustic yang Estetik

Singkirkan semuanya dari meja

Ilustrasi meja dapur, meja dapur granir. SHUTTERSTOCK/STUDIO LIGHT AND SHADE Ilustrasi meja dapur, meja dapur granir.
Organisator profesional Melissa Gugni Pertama, mengatakan perlu menyingkirkan semua barang dari meja dapur, kemudian mempertimbangkan dengan cermat setiap barang.

Aakah barang tersebut harus mendapat tempat utama di atas meja atau harus dipindahkan ke lemari atau laci. Sementara konter benar-benar bersih, ini adalah kesempatan qbaik untuk membersihkan dapur dan masuk ke sudut-sudut yang biasanya kurang dapat diakses.

Kecuali jika Anda menggunakannya setiap hari, pertimbangkan menyimpan peralatan seperti pemanggang roti, panci instan, atau peralatan dapur di dalam lemari.

Apabila tidak ada ruang, cobalah menaruhnya di lemari di ruangan lain. "Sesuatu yang digunakan sepanjang waktu tahun lalu, tapi sekarang sudah berdebu, perlu dipertimbangkan kembali posisinya," saran Melissa. 

Baca juga: Jangan Digunakan, 5 Hal Ini Dapat Membuat Dapur Terlihat Murahan

Berikan barang sehari-hari sebuah tempat baru 

Selanjutnya, cara membuat meja dapur tetap rapi dan nyaman digunakan adalah memberikan barang sehari-hari sebuah tempat baru.

Memindahkan segala sesuatu dari tempat biasanya akan membantu Anda melihat ruang secara baru dan menemukan tempat baru untuk peralatan, makanan, dan barang-barang sehari-hari.

Melissa ingat bahwa kliennya pernah mengganti rak pengering piring besar dengan alas pengering kecil, yang dapat dipindahkan dari meja dapur saat menjamu tamu.

"Klien lainnya bahkan tidak suka menaruh sabun cuci piringnya di atas dan kami menemukan tempat sampah kecil untuk menyimpannya di bawah wastafel," ucap Mellissa. 

Menggunakan tempat penyimpanan kawat yang dapat ditumpuk untuk sayuran, seperti bawang merah, bawang putih, dan kentang dapat menggunakan lebih banyak ruang vertikal daripada menyebar dan mengambil terlalu banyak ruang. 

Baca juga: 5 Kesalahan Saat Menata Dapur yang Tidak Boleh Dilakukan

Membuat lemari bekerja lebih keras

Ilustrasi meja dapur granit.SHUTTERSTOCK/WHYFRAME Ilustrasi meja dapur granit.
Isi ruang kosong di lemari dapur dengan produk penyimpanan yang membantu menyimpan barang-barang, seperti rempah-rempah, peralatan, dan talenan di tempat yang telah ditentukan.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com