Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mencuci Taplak Meja Berdasarkan Material untuk Perayaan Lebaran

Kompas.com - 03/04/2024, 13:29 WIB
Bella Nurmaya Putri,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Membersihkan rumah menjadi hal yang penting dilakukan untuk menyambut Hari Raya Lebaran, termasuk membersihkan taplak meja.

Taplak meja menjadi salah satu elemen dekorasi penting di ruang makan. Taplak meja yang bersih dan menarik tidak hanya meningkatkan tampilan ruang makan, tapi juga menciptakan kehangatan, bahkan meningkatkan nafsu makan. 

Baca juga: Cara Membersihkan Taplak Meja dengan Benar agar Tidak Cepat Rusak

Selain itu, taplak meja berperan untuk melindungi meja makan dari noda tumpahan makanan atau minuman. 

Karena itu, penting memastikan menggunakan taplak meja yang bersih saat perayaan Idul Fitri nanti dan menggunakan yang bertema Lebaran. 

Taplak meja yang umumnya terbuat dari material katun atau katun campuran dan linen. Kedua bahan tersebut memerlukan cara membersihkan dan perawatan yang berbeda.

Dilansir dari Martha Stewart, Rabu (3/4/2024), berikut cara mencuci taplak meja berdasarkan material untuk perayaan Lebaran.  

Baca juga: 6 Cara Mendekorasi Meja Makan untuk Perayaan Lebaran

Cara mencuci taplak meja katun atau katun campuran 

Ilustrasi taplak meja.Shutterstock/Nanthaphiphat watto Ilustrasi taplak meja.
Salah satu bahan yang paling banyak digunakan sebagai taplak meja adalah bahan katun/katun campuran.

Katun adalah serat alami yang terbuat dari kapas, sedangkan katun campuran adalah campuran antara serat kapas dan serat lain, seperti poliester atau rayon.

Katun murni cenderung lebih lembut dan memiliki daya serap yang baik, sementara katun campuran lebih tahan terhadap kerutan dan penyusutan, tapi mungkin kurang halus dan alami.

Untuk membersihkan taplak meja berbahan katun/katun campuran, Anda dapat membersihkannya dengan cara sama.

Sebaiknya, hindari mencuci taplak meja katun dengan cucian lain, seperti seragam sepak bola anak-anak atau bahan lain yang bukan katun. 

Baca juga: 7 Cara Menjaga Rumah Tetap Aman dan Bersih Saat Mudik Lebaran

Menurut Colleen Mistry, Direktur lini produk Matouk–sebuah perusahaan linen asal Amerika Serikat, mengatakan mencuci serat berbeda secara bersamaan bisa dilakukan, tetapi disarankan mencuci taplak meja yang memiliki detail halus, seperti pinggiran bordir atau renda, secara terpisah untuk menghindari kerusakan.

Caranya, gunakan air panas dan bilas dingin secara rutin. Gunakan detergen lembut yang dapat menghilangkan noda dan kotoran tanpa mengakibatkan kerusakan pada kain.

Untuk pengeringan, Mistry merekomendasikan mengeringkan taplak meja hingga hampir kering, tapi tidak sampai sepenuhnya kering, lalu menyelesaikan proses pengeringan dengan udara atau setrika saat masih sedikit lembap dengan suhu sedang.

Hal ini sangat bermanfaat terutama untuk taplak meja yang terbuat dari bahan katun yang rentan terhadap kerutan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com