Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membersihkan Taplak Meja dengan Benar agar Tidak Cepat Rusak

Kompas.com - 26/11/2023, 18:19 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.comTaplak meja adalah kain yang digunakan untuk menutup permukaan meja. Biasanya digunakan untuk melapisi meja makan atau meja di ruang tamu.

Taplak bisa membuat tampilan meja lebih menarik dan bersih. Sama seperti bagian rumah lainnya, taplak meja juga perlu rutin dibersihkan, terutama jika taplak meja dipasang di meja makan yang digunakan setiap hari.

Proses membersihkan taplak perlu dilakukan dengan hati-hati agar tidak cepat rusak. Dilansir dari Southern Living, Minggu (26/11/2023), berikut ini cara membersihkan taplak meja dengan benar.

Baca juga: Ide Mendekorasi Meja Makan agar Terlihat Menarik

Seberapa sering taplak meja perlu dibersihkan?

Laura Park pendiri dan CEO Laura Parks di Charlotte, North Carolina mengatakan bahwa taplak meja perlu sering dibersihkan setidaknya setiap bulan sekali.

Namun, jika terdapat noda dan kotoran yang menempel, maka sebaiknya segera dibersihkan agar noda tidak mengerak. Setelah dibersihkan, kamu bisa menyimpannya atau menggunakannya kembali.

taplak meja di meja makanShutterstock/Jevgenija ZUK taplak meja di meja makan

Cara membersihkan taplak meja

Menurut Park, langkah awal sebelum mencuci taplak meja yaitu memeriksa noda yang terdapat pada kain tersebut. Jika terdapat noda, kamu bisa mengoleskan sedikit detergen ke bagian yang bernoda.

Gosok bahan pembersih secara perlahan menggunakan sikat berbulu lembut. Lalu, diamkan selama minimal 15 menit.

Baca juga: 8 Ide Dekorasi untuk Mempercantik Meja Makan

Kemudian, cuci menggunakan siklus press permanen dengan metode pendinginan untuk mengurangi kerutan. Kamu bisa mencuci menggunakan air dingin dan tambahkan sedikit pelembut kain.

Setelah siklus pencucian selesai, cek taplak untuk memastikan tidak ada noda yang tersisa. Jika masih ada noda, kamu bisa mencuci kembali sampai taplak bersih.

Jika sudah bersih, keringkan dengan suhu yang tidak terlalu tinggi. Selanjutnya, kamu bisa menyetrika taplak meja untuk mencegah kerutan.

Tips merawat taplak meja agar tidak cepat rusak

Selain rutin mencuci, kamu juga perlu melakukan perawatan agar kain taplak tidak cepat rusak. Kamu perlu menyetrika taplak setelah dicuci menggunakan setrika panas untuk menghilangkan kusut.

Walaupun perlu disetrika dengan setrika panas, taplak meja sebaiknya tidak dikeringkan menggunakan panas tinggi. Kamu bisa mengatur suhu pengeringan yang sedang atau rendah.

Baca juga: Simak, Ini 5 Cara Mendekorasi Meja Makan yang Elegan dan Nyaman

Saat mencuci, kamu juga tidak diperbolehkan menggunakan detergen yang terlalu keras. Gunakanlah detergen yang lembut agar tidak merusak kain.

Itulah cara membersihkan dan merawat taplak meja dengan benar. Dengan melakukan perawatan yang tepat, taplak meja akan lebih awet dan tetap terlihat menarik saat digunakan untuk menghias ruangan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com