Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Saat Memilih Warna Seprai

Kompas.com - 09/11/2023, 20:47 WIB
Anggita Budi Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Living Etc

JAKARTA, KOMPAS.com - Seprai memiliki fungsi melindungi kasur dari kotoran, noda, dan keringat. Seprai juga dapat membantu tidur menjadi lebih nyaman dan meningkatkan estetika kamar tidur

Rupanya, warna seprai juga dapat mempengaruhi kenyamanan saat beristirahat dan tidur serta suasana di kamar tidur. Warna seprai yang tidak tepat dapat membuat kamar tidur terasa lebih sempit, kotor, dan mengganggu kenyamanan. 

Namun, memilih warna seprai ditentukan beberapa faktor. Dilansir dari Living Etc, Kamis (9/11/2023), berikut lima hal yang perlu dipertimbangkan saat memilih warna seprai

Baca juga: 5 Cara Membersihkan Noda Kuning pada Seprai

 

Jumlah cahaya alami

Ilustrasi seprai dan bed cover. SHUTTERSTOCK/ALL ABOUT SPACE Ilustrasi seprai dan bed cover.
Jumlah cahaya alami yang diterima kamar tidur memainkan peran penting dalam memilih warna seprai yang tepat.

Seprai berwarna terang, seperti putih dan cream, dapat membantu mencerahkan kamar tidur yang gelap dan suram, memantulkan cahaya, juga membuat ruangan terasa lebih lapang dan luas.

Sebaliknya, warna seprai gelap dapat membuat kamar tidur terasa lebih hangat dan nyaman. Warna biru tua, hijau tua, atau coklat tua dapat menyerap cahaya dan membuat ruangan terasa lebih intim. 

Baca juga: 5 Cara Mencegah Seprai Kusut di Mesin Pengering

Suhu ruangan

Selanjutnya, hal yang perlu dipertimbangkan saat memilih warna seprai adalah suhu ruangan. Suhu ruangan memainkan peran penting dalam memilih warna seprai yang tepat.

Seprai berwarna terang dapat membantu membuat kamar tidur terasa lebih sejuk dan nyaman saat cuaca hangat atau panas.

Sementara itu, seprai berwarna gelap cenderung menyerap dan memerangkap panas lebih banyak sehingga menghasilkan lingkungan tidur yang lebih hangat dan ideal untuk suhu ruangan yang lembap atau dingin. 

Baca juga: Perbedaan Seprai Sutra dan Satin, Mana Terbaik untuk Tidur?

Efek suasana yang ingin dibangkitkan

Warna dapat memiliki efek  kuat pada suasana hati dan ruangan. Warna seprai terang dapat menciptakan suasana lebih cerah dan ceria, sedangkan seprai gelap menciptakan suasana  lebih tenang dan santai.

Namun, berhati-hatilah dengan warna seprai baik gelap maupun terang yang harus dihindari. Misalnya, warna seprai merah, kuning, dan oranye yang sering dikaitkan dengan energi kebahagiaan serta antusiasme.

Warna-warna ini dapat terlalu merangsang otak, yang menyebabkan sulit mendapatkan tidur berkualitas, bahkan sulit tidur. 

Baca juga: 4 Cara Mencuci Seprai Sutra agar Tetap Lembut dan Tahan Lama

Pilih bahan yang terlihat segar lebih lama

Ilustrasi seprai dan bed cover di kamar tidur sempit. SHUTTERSTOCK/TRAVELPIXS Ilustrasi seprai dan bed cover di kamar tidur sempit.
Hal yang perlu dipertimbangkan saat memilih warna seprai berikutnya adalah bahan. Bahan juga menjadi penentu untuk memilih warna seprai, baik gelap maupun terang. 

Pilihan bahan, seperti satin dan sutra, cenderung terlihat segar lebih lama daripada bahan-bahan yang lebih kasar, seperti linen dan katun.

Jika ingin seprai terlihat segar lebih lama, pilih bahan satin atau sutra dengan pilihan warna yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan atau selera masing-masing. 

Baca juga: 5 Kesalahan Saat Membeli Seprai yang Harus Dihindari

Sebagai palet warna kamar tidur

Terakhir, hal yang perlu dipertimbangkan saat memilih warna seprai adalah palet warna di kamar tidur. 

Jika ingin menciptakan palet warna kamar tidur yang lebih luas, gunakan seprai sebagai blok warna. Pilih seprai dengan warna berbeda dari warna dinding, furnitur, atau dekorasi lainnya untuk menciptakan kontras menarik.

Anda juga dapat menggunakan seprai untuk menciptakan palet warna yang harmonis, seperti memilih warna seprai yang selaras dengan warna dinding, furnitur, atau dekorasi lainnya sehingga dapat menciptakan suasana lebih santai serta nyaman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com