Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapan dan Seberapa Sering Harus Mencuci Seprai?

Kompas.com - 09/08/2023, 08:55 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidur merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi setiap induvidu untuk menjaga kesehatan.

Setidaknya, manusia menghabiskan waktu lebih dari delapan jam untuk tidur pada malam hari di tempat tidur setiap harinya. 

Baca juga: Mencuci Handuk dan Seprai Bersamaan, Boleh atau Tidak?

Ketika tidur, tubuh mengeluarkan keringat dan minyak tubuh yang dapat menempel pada seprai. Belum lagi, kotoran, sel kulit mati, dan sisa makeup juga dapat mengotori seprai. 

Semua residu ini tidak hanya menjijikkan, tetapi juga dapat menjadi makanan bagi tungau debu, memberi tekanan ekstra pada serat kain, serta memicu masalah, seperti alergi, iritasi kulit, dan jerawat.

Kondisi seprai yang kotor juga dapat mengganggu tidur, bahkan sulit memperoleh tidur berkualitas pada malam hari. Maka itu, sangat penting mengganti dan mencuci seprai secara teratur. Lantas, seberapa sering harus mencuci seprai

Baca juga: Cara Mencuci Seprai Kasar agar Lembut, Pakai Baking Soda

Seberapa sering harus mencuci seprai

Ilustrasi mencuci seprai, mencuci seprai di mesin cuci. SHUTTERSTOCK/NITO Ilustrasi mencuci seprai, mencuci seprai di mesin cuci.
Dilansir dari Better Homes and Gardens, Rabu (9/8/2023), menurut survei terbaru Mattress Advisor, rata-rata orang mengganti seprai mereka setiap 24 hari sekali. Padahal, itu bukan jadwal terbaik untuk memperoleh kebersihan dan kesegaran yang optimal.

Mencuci seprai sebaiknya dilakukan seminggu sekali untuk memastikannya selalu dalam kondisi segar. Rencanakan menambahkan tugas ini ke dalam jadwal pembersihan mingguan Anda untuk membantu memperkuat kebiasaan ini.

Ingatlah, Anda tidak perlu mencuci seprai pada hari yang sama saat merapikan tempat tidur. Maka itu, perlu memiliki seprai lain, setidaknya dua buah untuk memudahkan  menukarnya dengan cepat. 

Baca juga: Seberapa Sering Harus Mencuci Seprai? Ini Durasinya

Meski seminggu sekali adalah aturan praktis yang baik, seberapa sering harus mencuci seprai tergantung pada seberapa cepat seprai menjadi kotor. 

Misalnya, apabila sering bepergian dan tidak tidur di tempat tidur setiap malam, seprai masah dalam kondisi bersih.

Dalam hal ini, Anda tidak perlu mencuci seprai seminggu sekali. Lakukan pencucian pada jeda waktu lebih lama di antara pencucian.

Di sisi lain, jika Anda banyak berkeringat saat tidur atau berbagi tempat tidur dengan hewan peliharaan, seprai akan lebih cepat kotor. Maka itu, perlu mengganti atau mencuci seprai setiap tiga sampai empat hari. 

Baca juga: Ternyata, Warna Seprai Ini Bikin Kamar Tidur Sempit Tampak Luas

Aturan ini juga berlaku untuk mereka yang memiliki alergi dan kulit sensitif. 

Apabila mencuci seprai setiap minggu (atau lebih sering) tidak memungkinkan, Anda dapat melakukan beberapa langkah untuk memperpanjang waktu di antara waktu pencucian.

Pertama, cuci muka dan mandi atau berendamlah sebelum tidur untuk mengurangi jumlah kotoran, minyak, dan keringat yang Anda bawa ke tempat tidur.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com