Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Penyebab Anjing Suka Mencakar Seprai dan Cara Menghentikannya

Kompas.com - 09/06/2023, 18:02 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sama dengan kucing, anjing juga suka menggaruk atau mencakar benda dan permukaan di rumah, termasuk seprai di tempat tidur . 

Baik seprai di tempat tidur pemiliknya maupun tempat tidurnya, anjing akan mencakar seolah-olah sedang mencari sesuatu atau harta karun.   

Baca juga: 7 Jenis Anjing Mastiff, Bertubuh Besar dan Setia pada Pemiliknya

Mencakar seprai tempat tidur sebelum berbaring adalah naluri anjing yang dikenal dengan istilah "denning". Ini adalah cara anjing menciptakan tempat aman dan nyaman untuk beristirahat.

Secara alami, "sarang" modern anjing peliharaan saat ini mungkin berupa tempat tidur atau seprai tempat tidur Anda. Lantas, mengapa anjing melakukan ini? 

Setidaknya, ada enam penyebab anjing suka mencakar seprai dan cara mencegahnya dilansir dari Love to Know Pets, Jumat (9/6/2023). 

Ingin merasa nyaman

Ilustrasi anjing Jack Russel di tempat tidur.Shutterstock/eva_blanco Ilustrasi anjing Jack Russel di tempat tidur.
Sama dengan merapikan bantal atau menata ulang selimut sebelum duduk untuk menonton Netflix pada malam hari, anjing peliharaan mungkin saja mencoba merasa nyaman.

Hal ini sangat umum terjadi saat anjing peliharaan berada di lingkungan baru dan ingin membuat tempat tidurnya terasa "pas".

Anjing yang mengalami radang sendi mungkin juga membutuhkan waktu lebih lama untuk merasa nyaman karena nyeri sendi yang dialaminya. 

Baca juga: Bukan Marah, Ini 5 Alasan Anjing Tidur di Kolong Tempat Tidur

Menandai wilayahnya 

Selanjutnya, penyebab anjing suka mencakar seprai adalah menandai wilayahnya. Ketika memikirkan seekor anjing yang menandai wilayahnya, pikiran Anda mungkin langsung tertuju pada tanda air seni.

Hal ini wajar, tetapi ada banyak cara lain yang dilakukan anjing untuk mengklaim wilayahnya, termasuk mencakar. 

Anjin memiliki kelenjar penciuman di bagian bawah kaki mereka yang meninggalkan jejak pesan kimiawi yang dapat dicium hewan lain.

Anjing mencakar seprai mungkin merupakan cara untuk memberi tahu hewan peliharaan lain (atau orang) di rumah bahwa itu adalah wilayahnya. 

Baca juga: Kenapa Hidung Anjing Basah? Ini 4 Penyebabnya

Merasa cemas

Ilustrasi anjing English cocker spaniel. PIXABAY/Alkhaine Ilustrasi anjing English cocker spaniel.
Mencakar adalah bentuk penghilang stres bagi anjing. Jadi, jika anak anjing merasa cemas, hal itu dapat menjelaskan mengapa anjing mencakar seprai

Anggap saja anjing sedang mondar-mandir seperti orang yang sedang stres. Carilah tanda-tanda kecemasan lainnya, seperti bersuara, terengah-engah, perubahan nafsu makan, atau postur tubuh.

Merasa bosan

Merasa bosan juga menjadi penyebab anjing suka mencakar seprai. Seekor anjing yang tidak cukup terstimulasi akan berubah menjadi perilaku merusak, seperti menggonggong, merengek, dan mencakar.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com