Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mencuci Seprai Kasar agar Lembut, Pakai Baking Soda

Kompas.com - 14/07/2023, 11:48 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah lelah beraktivitas, beristirahat dan tidur di tempat tidur yang nyaman adalah hal yang sangat menyenangkan. Namun, tidur di atas seprai kasar akan mengganggu tidur yang nyenyak.

Namun, jangan khawatir jika Anda memiliki seprai yang kasar dan bikin gatal. Dikutip dari House Digest, Jumat (14/7/2023), cara terbaik untuk mengubah seprai kasar menjadi lembut dan halus adalah dengan baking soda.

Pada hari mencuci berikutnya, cuci seprai dengan 1 cangkir baking soda dan setengah cangkir cuka untuk tidur di seprai yang nyaman dan lembut.

Baca juga: Seberapa Sering Harus Mencuci Seprai? Ini Durasinya

Ilustrasi seprai dan bed cover. SHUTTERSTOCK/ALL ABOUT SPACE Ilustrasi seprai dan bed cover.

Jika Anda secara alami menggunakan deterjen saat mencuci seprai, Anda mungkin memperhatikan bagaimana seprai menjadi kaku dan kasar saat Anda mencoba meletakkannya kembali di tempat tidur.

Seprai dengan jumlah benang yang lebih tinggi dikenal lebih lembut, tetapi jika Anda tidak mencucinya sesuai kebutuhan, seprai dapat aus dan kehilangan kelembutannya seiring waktu.

Sangat penting untuk membaca label perawatan mereka dan mengikuti rekomendasinya, tetapi jika Anda mencuci seprai seperti cucian lainnya, baking soda dapat membantu mengembalikan kelembutannya.

Jangan gunakan deterjen biasa untuk mencuci seprai kasar

Seprai berkualitas rendah memiliki jumlah benang yang lebih rendah, membuatnya gatal, kasar, dan kaku, tetapi baking soda dapat membantu melembutkan, memutihkan, dan membersihkannya secara mendalam.

Baca juga: Ternyata, Warna Seprai Ini Bikin Kamar Tidur Sempit Tampak Luas

Ini tidak berlaku untuk seprai sutra, karena membutuhkan perawatan khusus. Namun jika Anda memiliki seprai katun, linen, jersey, flanel, atau campuran poliester, cuci dengan baking soda dan cuka.

Sangat penting bagi Anda untuk tidak menggunakan deterjen selama siklus pencucian ini karena seprai akan menjebak bahan kimia yang tidak baik untuk tubuh Anda.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com