Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/11/2023, 14:51 WIB
Anggita Budi Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dapur adalah salah satu ruangan yang paling sering digunakan di rumah. Selain untuk memasak dan menyiapkan makanan, dapur juga menjadi tempat berkumpul bersama keluarga.

Karena itu, dapur perlu dalam kondisi bersih dan wangi untuk memberi rasa nyaman saat beraktivitas di dalamnya. Namun, ada beberapa kebiasaan yang sering dilakukan yang bisa menyebabkan bau tidak sedap di dapur.

Nah, untuk mencegahnya, dikutip dari Homes and Gardens, Senin (13/11/2023), berikut tujuh kebiasaan yang dapat membuat dapur bau.  

Baca juga: 6 Tips Menghilangkan Bau Anjing di Rumah

Mengabaikan wastafel

Ilustrasi wastafel dapur.Shutterstock/David Papazian Ilustrasi wastafel dapur.
Wastafel adalah salah satu peralatan atau benda yang paling sering digunakan di dapur sehingga penting menjaganya tetap bersih dan bebas bau.

Namun, kesalahan paling umum yang dilakukan orang adalah mengabaikan kebersigan wastafel dapur. Padahal, ini bisa menyebabkan wastafel berbau tak sedap, hama, bahkan rusak.

Mengabaikan sampah

Sampah adalah salah satu area yang paling mudah diabaikan di dapur, tetapi juga salah satu area paling penting untuk dibersihkan secara teratur.

Sampah yang tidak dibuang secara teratur di dapur dapat menjadi sumber bau tidak sedap dan masalah kebersihan lainnya. 

Baca juga: 5 Cara Mencegah Kelembapan di Dapur, Usir Bau dan Jamur

Penyimpanan makanan yang salah

Selanjutnya, kebiasaan yang dapat membuat dapur bau adalah menyimpanan makanan yang salah. Makanan yang tidak disimpan dengan baik dapat membusuk dan berjamur, yang mengakibatkan bau tidak sedap dan mendatangkan serangga yang mengganggu.

Menggunakan produk pembersih berbau kuat

Aroma yang kuat dari produk pembersih dapat bercampur dengan bau makanan dan menimbulkan aroma menyengat dan tidak sedap di dapur.

Penting memilih aroma produk pembersih dengan aroma yang lebih netral dan menenangkan. 

Baca juga: 5 Cara Menghilangkan Bau Apak dari Lemari Pakaian

Ventilasi yang buruk

Ilustrasi dapur sempit, kitchen set dapur bergaya Skandinavia warna putih.SHUTTERSTOCK/BOGDAN SONJACHNYJ Ilustrasi dapur sempit, kitchen set dapur bergaya Skandinavia warna putih.
Ventilasi yang buruk juga menjadi kebiasaan yang dapat membuat dapur bau, lembap, dan udara yang tidak sehat.

Uap, asap, dan bau makanan dapat terperangkap di udara jika tidak ada ventilasi yang memadai. Hal ini dapat membuat dapur terasa tidak nyaman dan menyebabkan masalah kesehatan.

Penggunaan spons dan kain lama

Spon dan kain lama dapat menjadi sumber bau tidak sedap di dapur, bahkan menampung bakteri dan bau, yang dapat terlepas ke udara serta permukaan dapur. 

Baca juga: Gampang, Ini 5 Cara Menghilangkan Bau Tak Sedap dari Sofa 

Melebihi kapasitas mesin pencuci piring

Terakhir, kebiasaan yang dapat membuat dapur bau adalah mencuci beban berlebih pada mesin pencuci piring. 

Kelebihan kapasitas mesin pencuci piring dapat menyebabkan pembersihan yang buruk dan partikel makanan terperangkap sehingga menimbulkan bau.

Partikel makanan yang terperangkap di mesin pencuci piring juga dapat menjadi tempat berkembang biak bakteri, yang dapat menyebabkan bau tidak sedap.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com