Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Manfaat Lemon untuk Membersihkan Rumah, Hilangkan Noda dan Bau

Kompas.com - 26/10/2023, 10:19 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Weekand

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada banyak produk pembersih rumah tangga berbahan kimia yang dijual di pasaran. Namun, produk pembersih bahan kimia ini tidak aman dan dapat merusak beberapa benda serta permukaan di rumah.

Ditambah, bahan kimia ini dapat merusak lingkungan dan dapat menyebabrkan reaksi buruk pada seseorang, seperti mereka yang memiliki gangguan pernapasan dan alergi.  

Baca juga: Daun Pohon Lemon Menguning? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Untungnya, ada beberapa pembersih alternatif dan berbahan alami yang dapat digunakan untuk membersihkan rumah, salah satunya lemon

Lemon dapat membersihkan sejumlah benda dan permukaan di rumah serta menghilangkan bau tak sedap dari talenan, kulkas, dan area lainnya dengan meninggalkan aroma yang segar. 

Lebih baik lagi, bahan alami dan berkelanjutan ini dapat terurai secara hayati, tidak menghasilkan limbah kemasan, dan dapat diperbarui serta mudah didapat.

Mariya Gurkova, ahli kebersihan dari Fantastic Services, menjelaskan kandungan asam sitrat yang tinggi dalam lemon membuatnya sempurna untuk banyak tugas pembersihan.

Asam sitrat adalah asam organik alami dan kuat dengan sifat antibakteri, antiseptik, dan asam yang kuat. Hal ini membuat lemon efektif mengurai minyak, kotoran, dan noda serta membantu melarutkan endapan mineral dan karat. 

Dikutip dari Weekand, Kamis (26/10/2023), berikut sejumlah manfaat lemon untuk membersihkan rumah.  

Baca juga: Inilah 4 Benda di Rumah yang Tidak Boleh Dibersihkan Menggunakan Lemon

Membersihkan microwave 

Ilustrasi membersihkan microwave dengan kulit jeruk. SHUTTERSTOCK/ANDREY_POPOV Ilustrasi membersihkan microwave dengan kulit jeruk.
Mariya menyarankan menggunakan air perasan lemon untuk membersihkan microwave. Cukup isi mangkuk yang aman untuk microwave dengan air dan tambahkan perasan satu buah lemon.

Setelah itu, panaskan microwave dengan kecepatan tinggi selama tiga sampai lima menit dan tutup pintunya selama tiga menit agar uapnya dapat melonggarkan partikel makanan yang mengering serta noda minyak.

Angkat mangkuk dan gunakan kain atau spons basah untuk mengelap bagian dalam microwave. Ulangi jika masih ada noda pada microwave.  

Baca juga: 7 Manfaat Air Perasan Lemon untuk Tanaman Bunga Anggrek

Mengatasi lemak oven

Selanjutnya, manfaat lemon untuk membersihkan rumah adalah mengatasi lemak oven. Anda dapat membersihkan oven dengan lemon seperti halnya membersihkan microwave.

Panaskan oven hingga 98  derajat Celsius, lalu isi loyang kecil dengan air dan air perasan satu buah lemon, dan panggang selama 30 menit.

Setelah itu, keluarkan baki dengan hati-hati dan seka bagian dalam oven dengan kain atau spons basah.

Menghilangkan bau tak sedap pada wadah plastik

Bau makanan pada wadah plastik dapat meninggalkan bau tak sedap jika tidak kunjung hilang. Bau tak sedap ini sulit dihilangkan dan dapat merusak rasa pada makanan baru.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com