Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Cara Membuat Rumah Tetap Sejuk tanpa Menggunakan AC

Kompas.com - 07/12/2023, 07:17 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAs.com - AC atau pendingin ruangan adalah kemewahan yang tidak semua dari kita dapat mengaksesnya selama cuaca panas.

Pasalnya, menggunakan AC di rumah membutuhkan biaya listrik yang mahal, ditambahkan biaya perawatan agar unit AC tetap bekerja optimal mendinginkan ruangan. 

Baca juga: 5 Penyebab AC Tiba-tiba Mati, Apa Saja?

Untungnya, ada beberapa solusi cepat untuk membantu mendinginrkan rumah tanpa harus memakai AC atau mengeluarkan uang lebih. 

Nah, dikutip dari Homes and Gardens, Kamis (7/12/2023), berikut cara membuat rumah tetap sejuk tanpa menggunakan AC saat cuaca panas

Gunakan kipas angin 

Ilustrasi kipas angin di dalam ruangan.SHUTTERSTOCK/PIXEL-SHOT Ilustrasi kipas angin di dalam ruangan.
Jeff Palla, Presiden Mr. Handyman, sebuah perusahaan peralatan rumah tangga, mengatakan kipas angin dapat digunakan untuk membantu mengalihkan udara panas yang ada di rumah keluar melalui jendela atau pintu yang terbuka. 

"Untuk cepat mengeluarkan panas dari sebuah ruangan, ybuka satu jendela dari bagian atas jika memungkinkan dan letakkan kipas angin di depan jendela untuk mendorong udara panas keluar ruangan," ucapnya. 

Kipas angin efektif membantu menurunkan suhu ruangan. Hal ini karena kipas angin biasanya hanya mengembuskan aliran udara yang lebih dingin ke tubuh daripada menurunkan suhu.

"Setelah ruangan dalam kondisi normal, menggunakan kipas angin plafon akan membantu mendistribusikan udara ke seluruh ruangan," tambah Jeff. 

Baca juga: Penyebab AC Berisik dan Cara Mengatasinya

Mengisolasi bagian dalam jendela 

Selanjutnya, cara membuat rumah tetap sejuk tanpa menggunakan AC adalah mengisolasi bagian dalam jendela. Mengisolasi rumah tidak hanya membuat Anda tetap hangat pada musim dingin, tetapi juga membantu mencegah panas sama efektifnya dengan udara dingin.

"Banyak kaca film reflektif yang dapat menghalangi hingga 79 persen energi matahari masuk dan memanaskan rumah," jelas David Flax, presiden Window Genie, sebuah perusahaan rumah tangga. 

Terlebih lagi, dengan mengurangi jumlah panas yang masuk melalui jendela, kaca film ini membantu meningkatkan efisiensi energi dan menghemat biaya untuk mendinginkan rumah.

Penting diingat, efektivitas dan kualitas kaca film dapat bervariasi, tergantung pada jenis serta kualitas kaca film.

Sebagai bantuan, dalam keadaan darurat dan tanpa mengeluarkan biaya, Anda dapat memilih menggunakan aluminium foil dari laci dapur.  

Baca juga: 5 Kekurangan AC Inverter yang Penting untuk Diketahui

Perawatan jendela tertutup untuk mengurangi perpindahan panas 

Jeremy Sibley, Presiden Glass Doctor, sebuah perusahaan peralatan rumah tangga, mengatakan perawatan jendela tidak hanya terlihat bagus dalam hal pengendalian suhu, tapi juga membantu Anda tetap sejuk jika menggunakan bahan tepat. 

"Tirai jendela adalah cara terbaik mencegah kerusakan furnitur, menurunkan biaya energi, dan mengurangi sinar UV yang menyebabkan perpindahan panas yang masuk ke rumah hingga 90 persen," jelasnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com