Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Memaksimalkan Kinerja AC Saat Cuaca Panas, Dijamin Bikin Dingin

Kompas.com - 19/10/2023, 12:08 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Air conditiong atau AC menjadi peralatan elektronik yang paling diandalkan saat cuaca panas

Sebab, AC berfungsi mendinginkan dan menyejukkan udara di dalam rumah atau ruangan sehingga memberi rasa nyaman serta bebas gerah dan keringat. 

Baca juga: AC Portable Vs Air Cooler, Mana yang Terbaik Digunakan di Rumah?  

Namun, suhu panas yang belakangan ini semakin hari, semakin meningkat, membuat kinerja AC menjadi kurang maksimal mendinginkan ruangan.

Seperti diketahui, sejumlah wilayah di Indonesia tengah dilanda suhu panas berkisar 36-37 derajat Celsius, termasuk DKI Jakarta dan Pulau Jawa.

Misalnya, seminggu belakangan ini Jakarta dilanda suhu panas berkisar 36-38 derajat Celsius pada siang hingga sore hari. Cuaca panas ini tidak hanya terjadi pada siang hari, tapi juga malam hari yang berkisar antara 28-31 derajat Celsius.

Bahkan, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengatakan suhu panas di Indonesia diprediksi bisa tembus hingga 40 derajat Celsius. 

Baca juga: 6 Jenis Bau yang Keluar dari AC, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Ilustrasi AC.Shutterstock/donikz Ilustrasi AC.
Tentu saja, cuaca panas ini tidak hanya membuat gerah dan berkeringat, tetapi juga tubuh menjadi mudah lemas serta tidak nyaman beraktivitas, baik di dalam ruangan maupun luar rumah. 

Seperti dijelaskan sebelumnya, cuaca dan suhu panas ini juga berdampak pada kinerja AC yang menjadi tidak optimal.

Bahkan menjalankan AC saat cuaca sedang panas-panasnya hanya akan membuang energi serta uang. Lantas, bagaimana cara memaksimalkan kinerja AC saat cuaca panas

Yudha Eka Putra, PSG Manager for AC dan Air Purifier PT Sharp Electronics Indonesia, mengatakan ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk memaksimalkan kinerja AC saat cuaca panas agar tetap maksimal.  

Baca juga: Suhu AC yang Ideal dan Hemat Listrik Saat Cuaca Panas

Pertama, memastikan kapasitasi paard kracht (PK) AC sesuai dengan ukuran atau luas ruangan AC digunakan. 

Kebanyakan permasalahan yang terjadi adalah kapasitas PK AC yang kecil diletakkn di ruangan yang sebetulnya memerlukan PK lebih tinggi.

"Kinerja AC tidak akan maksimal secara suhu. Selain itu, membuat listrik lebih boros dan unit AC menjadi tidak awet karena bekerja tidak maksimal terus," kata Yudha ditemui Kompas.com dalam acara peluncuran penjernih udara Purefit series FX-S120 Y di The Langham Hotel, Sudirman Central Business District (SCBD) 8, Jakarta Pusat, Rabu (18/10/2023). 

Kedua, cara memaksimalkan kinerja AC saat cuaca panas adalah memastikan menggunakan AC yang lebih presisi dalam menentukan suhu. Contohnya, Sharp memiliki banyak jenis AC, yakni standar, low watt, dan inverter. 

"Dengan AC inverter, diharapkan suhunya menjadi lebih stabil. Kalau AC standar, suhu akan menyala dan mati cara kerja kompresornya," ujarnya.  

Baca juga: Cara Membersihkan Filter AC agar Tidak Jadi Sarang Debu

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com