Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Penyebab AC Mengeluarkan Suara Dengung, Bisa Bikin Kebakaran

Kompas.com - 12/08/2023, 08:00 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Hunker

JAKARTA, KOMPAS.com - Air Conditioning (AC) biasanya mengeluarkan suara berdengung saat beroperasi meski masih dalam kondisi baru.

Jadi, AC yang mengeluarkan suara dengungan bisa dikatakan hal normal. Namun, apabila mendengar suara dengungan baru atau AC tidak berfungsi baik, kemungkinan besar ada masalah yang perlu diperbaiki.  

Baca juga: AC Inverter Vs Non Inverter, Mana yang Terbaik?

Namun, apabila tidak segera diperbaiki, hal ini dapat menimbulkan masala lebih parah atau risiko bahaya, seperti kebakaran

Meneliti sumber suara dengungan dan melakukan beberapa pemecahan masalah dapat membantu Anda menemukan masalahnya serta memutuskan apakah perlu menghubungi profesional HVAC atau tidak. 

Nah, sebelum memutuskan, penting mengetahui sejumlah penyebab AC mengeluarkan suara dengung seperi dilansir dari Hunker, Sabtu (12/8/2023).

Komponen internal yang longgar

Ilustrasi AC.Shutterstock/New Africa Ilustrasi AC.
Unit AC memiliki banyak komponen internal dan bagian yang bergerak. Unit AC sering bergetar yang dapat menyebabkan komponen menjadi longgar.

Hal ini sering kali menimbulkan suara dengungan. Komponen yang longgar tidak hanya menimbulkan suara keras, tetapi juga menyebabkan kerusakan internal atau menurunkan efisiensi AC.

Selama penyetelan HVAC rutin atau panggilan servis untuk mendiagnosis masalah, teknisi akan memeriksa serta mengencangkan suku cadang untuk mencegah hal ini terjadi. 

Baca juga: AC Tidak Dingin? Saatnya Mengganti Filter AC

Motor kipas kondensor tidak berfungsi

Selanjutnya, penyebab AC mengeluarkan suara dengung adalah motor kipas kondensor tidak berfungsi. Motor yang mati masih mendapatkan daya dan mencoba berputar, tetapi tidak dapat berputar.

Hal ini dapat disebabkan masalah mekanis, komponen longgar, atau serpihan yang tersangkut di kipas. Perjuangan itu menghasilkan AC berdengung

Karena kipas tidak berputar, udara sentral tidak dapat mendinginkan rumah. Jadi, hal ini bisa menjadi masalah jika AC tampaknya tidak bekerja dengan benar. 

Baca juga: Berapa Suhu AC yang Ideal Saat Cuaca Panas?

Sakelar relai kontaktor rusak

Unit AC luar ruangan memiliki sakelar relai kontaktor di dalamnya yang membantu menyalakannya saat rumah perlu didinginkan.

Sakelar ini merupakan sakelar bertegangan rendah yang dikontrol termostat. Jika sakelar rusak, baik secara mekanis maupun elektrik, akan menimbulkan suara dengungan di unit luar. Perbaikan ini sebaiknya diserahkan kepada teknisi HVAC.

Unit AC beku

Ilustrasi AC.Shutterstock/Butsaya Ilustrasi AC.
Kumparan pada AC dapat membeku, bahkan ketika cuaca di luar panas dan Anda menjalankannya tanpa henti.

Selain itu, AC yang membeku dapat terjadi jika unit kotor atau refrigeran hampir habis. Kumparan yang membeku dapat menjadi penyebab AC mengeluarkan suara berdengung.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com