Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/07/2023, 20:32 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat cuaca panas, penting untuk menjaga ruangan tetap sejuk agar Anda dan keluarga tetap merasa nyaman. Menyalakan AC adalah cara yang lazim dilakukan untuk menyejukkan ruangan.

Dikutip dari Homes & Gardens, Rabu (26/7/2023), AC adalah cara yang bagus untuk tidak hanya mendinginkan satu ruangan tetapi juga untuk mempertahankan suhu yang menyenangkan di seluruh rumah. Namun, berapa suhu AC ideal saat cuaca panas?

Berikut penjelasannya menurut sejumlah pakar dan praktisi.

Baca juga: Ingat, Jarang Membersihkan Filter AC Bisa Bikin Tagihan Listrik Naik

Ilustrasi AC atau pendingin ruangan.Shutterstock/M-Production Ilustrasi AC atau pendingin ruangan.

Menurut Energy Star, program Badan Perlindungan Lingkungan AS dan Departemen Energi AS, 25 derajat celcius adalah suhu AC ideal saat cuaca panas.

Pengaturan ini membantu Anda tetap tenang sekaligus menghemat uang karena menghasilkan perpaduan sempurna antara kenyamanan dan penghematan listrik. Ini merupakan pengaturan AC terbaik, kata pakar servis rumah Tommy Mello.

Setiap derajat Anda menaikkan suhu AC selama cuaca panas dapat menghasilkan pengurangan 1 hingga 3 persen dalam biaya pendinginan, tutur Mello.

Sementara aturan suhu AC 25 derajat celcius bekerja dengan baik,selalu ada pengecualian untuk aturan tersebut. Untuk daerah kering dan gersang tertentu, suhu yang lebih dingin mungkin diperlukan untuk mengimbangi kelembapan.

Baca juga: Berapa Ukuran AC yang Tepat untuk Sebuah Ruangan?

Karena suhu berfluktuasi sepanjang hari, AC Anda juga harus demikian. Menurut Randy Huckstadt, kontraktor HVAC berlisensi, kisaran suhu optimal untuk ruangan dalam ruangan selama cuaca panas biasanya antara 22 sampai 26 derajat celcius.

Kisaran ini memastikan lingkungan hidup yang nyaman sambil menghindari konsumsi energi yang berlebihan. Menjaga suhu AC mendekati 25 derajat celcius di siang hari dapat menghasilkan penghematan yang signifikan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com