Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Ukuran AC yang Tepat untuk Sebuah Ruangan?

Kompas.com - 23/07/2023, 20:24 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - AC dapat menjadi peralatan sementara yang hanya digunakan selama beberapa bulan dalam setahun atau bagian permanen dari sistem HVAC rumah yang digunakan sepanjang tahun. Ini semua tergantung pada lokasi AC ditempatkan. 

AC berfungsi menurunkan suhu di dalam rumah sehingga penghuni rumah dapat tidur, makan, dan bekerja di lingkungan yang nyaman. 

Baca juga: Cara Mengatur Suhu AC agar Tagihan Listrik Tak Melonjak

Namun, jika ukuran AC terlalu kecil untuk rumah, ini akan membuat peralatan bekerja terus-menerus untuk memenuhi permintaan sehingga menyebabkan keausan dini pada alat.

Meski bekerja lembur, AC kemungkinan besar tidak akan dapat memenuhi kebutuhan rumah sehingga tidak akan pernah terasa sejuk.

Berinvestasi pada ukuran AC yang terlalu besar dapat mendinginkan rumah, tetapi unit yang terlalu besar akan membuang banyak energi sehingga meningkatkan tagihan listrik dan air.

Lantas, berapa ukuran AC yang tepat untuk sebuah ruangan

Baca juga: Dijamin Berhasil, Ini 7 Cara Menyejukkan Rumah Saat AC Rusak

Memahami ukuran AC 

Ilustrasi AC.Shutterstock/donikz Ilustrasi AC.
Ketika mencoba menemukan AC yang tepat, penting memiliki pemahaman dasar tentang ukuran AC. Ini tidak mengacu pada ukuran fisik unit.

Sebaliknya, ukuran AC adalah pengukuran kapasitas pendinginan, yang biasanya direpresentasikan dalam British Thermal Unit (BTU). BTU digunakan untuk mengukur energi.

Secara khusus, ini adalah pengukuran jumlah energi yang dibutuhkan untuk memanaskan satu pon air sebesar satu derajat Fahrenheit di permukaan laut.

Ketika digunakan dengan AC, semakin tinggi peringkat BTU, semakin besar output energi alat tersebut. Ini berarti AC dengan peringkat BTU yang tinggi akan mendinginkan rumah lebih baik daripada AC dengan peringkat BTU yang rendah. 

Baca juga: AC Tidak Bisa Dihidupkan dengan Remote? Bisa Jadi Ini Penyebabnya 

Dalam beberapa kasus, keluaran AC dapat dinyatakan dengan peringkat British Thermal Unit per jam (BTUh)

Ini pada dasarnya adalah pengukuran berapa banyak energi yang digunakan AC untuk menghilangkan panas dari rumah dalam waktu satu jam.

Namun, peringkat ini juga dapat dinyatakan dalam tonase dengan 12.000 BTUh sama dengan satu ton. Istilah-istilah ini tidak umum digunakan, tetapi tetap penting memahami apa itu ton dan perbedaan antara BTUh dan BTU.  

Sejumlah hal yang perlu dipertimbangkan saat memilih ukuran AC 

Ilustrasi AC.Shutterstock/New Africa Ilustrasi AC.
Sebelum masuk ke perhitungan yang diperlukan untuk menemukan ukuran AC yang tepat untuk ruangan, penting mempelajari berbagai faktor yang dapat mempengaruhi kebutuhan pemanasan dan pendinginan rumah.

Jika membeli AC tanpa mempertimbangkan variabel-variabel ini, unit yang Anda beli mungkin tidak dapat mendinginkan rumah secara memadai. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com