Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/06/2023, 20:39 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menyalakan pendingin udara atau AC saat cuaca panas sangat menyenangkan karena bisa menyejukkan ruangan. Namun, penggunaan AC yang berlebihan terkadang dapat sedikit memengaruhi pendinginan.

Salah satu masalah yang umum terjadi adalah AC tidak dingin. Ini tentu menyebabkan ketidaknyamanan, apalagi ketika cuaca di luar ruangan panas dan pengap.

Nah, kenapa AC tidak dingin? Dikutip dari India Today, Sabtu (10/6/2023), berikut beberapa penyebab dan cara mengatasinya.

Baca juga: 5 Cara Pakai AC Saat Cuaca Panas agar Tagihan Listrik Tak Melonjak

Ilustrasi filter AC, mengganti filter AC. SHUTTERSTOCK/KIRA_YAN Ilustrasi filter AC, mengganti filter AC.

1. Filter AC kotor

Filter AC kotor biasanya merupakan masalah paling umum yang dihadapi AC. Filter AC yang kotor dapat berdampak pada sistem pendingin.

Dalam kasus seperti itu, filter AC harus dibersihkan dengan kain bersih atau langsung di bawah air mengalir. Agar AC bekerja dengan efisien, ada baiknya Anda membersihkan filter AC secara berkala.

2. Motor rusak

Motor yang rusak adalah masalah umum lainnya yang dihadapi AC dan dapat memengaruhi sistem pendingin. Dalam kasus seperti itu, disarankan untuk menghubungi pusat layanan perusahaan.

Masalah seperti itu paling baik ditangani oleh seorang profesional.

Baca juga: 6 Cara Menggunakan AC agar Hemat Listrik

3. Kompresor rusak

Kompresor yang rusak juga dapat berdampak pada sistem pendingin AC. Kompresor adalah komponen penting dalam AC karena mengatur aliran refrigeran antara evaporator dan kondensor.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com