Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/07/2023, 16:15 WIB
Dominikus Wirawan Kuncorojati,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ruang kosong di dinding belakang sofa ruang tamu dapat diisi dengan beragam dekorasi.

Selain mencegahnya terlihat kurang menarik, hal ini akan menjadi titik fokus yang menambah daya tarik ruangan.

Baca juga: 8 Ide Menghias Tampilan Dinding di Belakang Sofa Ruang Tamu

Selain karya seni, ruang tersebut dapat dimanfaatkan untuk menempatkan berbagai dekorasi lain, seperti cermin, tanaman hias, hingga wallpaper.

Namun, menentukan dekorasi yang tepat terkadang tidak mudah. Untuk membantu Anda, berikut sejumlah ide mendekorasi dinding di belakang sofa dikutip dari Living Cozy, Minggu (23/7/2023).

Cemin besar

Ilustrasi cermin di ruang tamu. SHUTTERSTOCK/JUAN FRANCISCO GOMEZ Ilustrasi cermin di ruang tamu.
Menempatkan cermin besar adalah cara tepat membuat ruang tamu terlihat lebih besar karena cermin memantukan cahaya dan menciptakan tampilan terbuka.

Cermin cenderung memperkuat apa pun yang dipantulkannya, jadi sebaiknya gantungkan sesuatu yang menarik secara visual di seberangnya.

Gantungkan cermin besar di atas sofa atau sandarkan ke dinding. Kedua cara ini menciptakan tampilan menarik di ruang tamu.

Baca juga: 10 Cara Kreatif Menggunakan Cermin di Ruangan

Karya seni besar

Sebuah karya seni besar di atas sofa dapat memberikan perubahan pada seluruh ruang tamu.

“Ini membuat pernyataan besar dan ruangan terasa lebih besar karena membentang di sebagian besar dinding,” kata Da’iJah Wroten, desainer interior di Mackenzie Collier Interiors.

Pilih sesuatu yang cocok dengan palet warna ruang tamu. Jika mendekorasi ruangan dari awal, dasarkan palet ruangan pada warna-warna karya seni.

Pencahayaan

Pencahayaan di ruang tamu membantu menciptakan gaya sekaligus menjalankan berbagai fungsi. Sebagai contoh, tempatkan lampu yang membantu mengerjakan tugas, memberikan pencahayaan ambient, dan lampu lain yang berfungsi sebagai aksen untuk karya seni atau dekorasi dinding.

Cobalah menempatkan lampu lantai di salah satu sisi sofa atau di belakangnya jika ada cukup ruang. Pilih lampu berwarna hangat untuk membuat ruang tamu terasa lebih nyaman.

Baca juga: 5 Kesalahan Pencahayaan Ruang Keluarga yang Harus Dihindari

Rak dinding

Ilustrasi ruang tamu minimalis gaya Japandi. SHUTTERSTOCK/GROUND PICTURE Ilustrasi ruang tamu minimalis gaya Japandi.
Selain menambahkan penyimpanan ekstra, rak dinding membantu menyatukan dan menyeimbangkan ruang di atas sofa.

Gunakan rak untuk meletakkan beberapa bingkai foto, suvenir, atau barang dekoratif lain sekaligus menambah kedalaman pada ruangan. Rak mudah mudah didekorasi ulang sehingga cocok untuk Anda yang sering mengubah tampilan ruangan.

Tanaman hias

Tanaman hias akan menambahkan kehidupan, warna, tekstur, dan kedalaman pada ruang di belakang sofa. Menempatkan tanaman bersama karya seni di dinding akan menciptakan variasi dan daya tarik.

Tambahkan tanaman tinggi atau pohon di samping tanaman hias kecil pada rak dinding atau letakkan beberapa tanaman hias besar di belakang sofa. 

Jika tidak terbiasa merawat tanaman, tempatkan tanaman palsu. Namun, bersihkan debunya secara teratur agar tetap terlihat bagus.

Baca juga: 5 Tanaman Hias yang Tahan Kelembapan, Aglonema hingga Anggrek

Wallpaper

James Mellan-Matulewicz, CEO design & print studio Bobbi Beck, mengatakan wallpaper dapat menjadi latar belakang bagus untuk sofa serta menambah kedalaman dan daya tarik pada dinding kosong.

“Jika wallpaper lebih merupakan desain maksimalis, biasanya bisa dibiarkan begitu saja. Jika desainnya lebih halus, memasangkannya dengan gambar atau karya seni juga dapat memberikan lapisan kedalaman,” ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com