Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/07/2023, 17:27 WIB
Dominikus Wirawan Kuncorojati,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Stoples dan botol kaca cocok digunakan kembali sebagai wadah penyimpanan makanan, vas, atau benda-benda kerajinan.

Namun, tak jarang label kemasan yang melekat pada stoples kaca sulit dihilangkan dan meninggalkan residu lengket. Hal ini juga membuat tampilan stoples terlihat tidak menarik.

Baca juga: Cara Menghilangkan Bekas Label Kemasan pada Stoples dan Botol Kaca

Untuk melepas label tersebut, ada beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan, antara lain menggunakan air panas dan alkohol gosok.

Dikutip dari The Spruce, Rabu (26/7/2023), berikut cara menghilangkan label pada stoples kaca.

Menghilangkan label dengan air panas

  • Rebus stoples kaca

Ilustrasi stoples bumbu dapur, rak bumbu dapur. SHUTTERSTOCK/AFRICA STUDIO Ilustrasi stoples bumbu dapur, rak bumbu dapur.
Isi panci dengan air, tambahkan beberapa tetes cairan pencuci piring, lalu didihkan air di atas kompor dengan api sedang. Setelah itu, masukkan stoples ke air menggunakan penjepit, miringkan posisi stoples hingga terisi penuh dengan air dan pastikan label terendam seluruhnya.

Lanjutkan memanaskan hingga label terlepas dari stoples. Ini biasanya membutuhkan waktu lima hingga 10 menit.

Baca juga: Simak, Ini Cara Menghilangkan Bau pada Stoples Kaca

  • Bersihkan residu lengket

Biarkan air menjadi dingin atau gunakan penjepit untuk mengangkat stoples. Setelah gelas cukup dingin untuk dipegang, taburkan baking soda pada kain mikrofiber, lalu gunakan untuk menghilangkan residu  lengket pada stoples.

Selanjutnya, cuci stoples dengan air sabun panas, bilas, dan keringkan dengan handuk mikrofiber.

Menghilangkan label dengan minyak

  • Lapisi label dengan minyak

Lapisi stiker dengan minyak sayur, mentega, atau selai kacang, kemudian tutup label dengan bungkus plastik dan biarkan minyak bekerja selama 30 menit.

Baca juga: 6 Kegunaan Selai Kacang Selain Dikonsumsi

  • Kikis label

Setelah melepaskan plastik, gunakan pengikis plastik atau ujung kartu kredit bekas untuk melepas stiker dan lem. Cuci stoples dengan air sabun panas, kemudian bilas bersih dan keringkan dengan handuk mikrofiber.

Menghilangkan label dengan alkohol gosok

  • Basahi label dengan alkohol gosok

Ilustrasi stoples kaca atau wadah kaca penyimpanan bumbu dapur.Shutterstock/Foxys Forest Manufacture Ilustrasi stoples kaca atau wadah kaca penyimpanan bumbu dapur.
Cara melepas label pada stoples kaca berikutnya adalah menggunakan alkohol gosok. Letakkan tisu yang sudah dibasahi alkohol gosok pada label stoples, tutup dengan bungkus plastik, dan biarkan bekerja selama 10-20 menit.

  • Lepaskan label

Lepaskan bungkus plastik, kemudian kikis label dan sisa-sisa lem menggunakan pengikis lem. Jika masih ada lem yang tersisa, tambahkan alkohol gosok dan seka dengan kain mikrofiber atau tisu. Setelah itu, cuci, bilas, dan keringkan stoples.

Baca juga: 6 Manfaat Alkohol Gosok untuk Membersihkan Rumah

Tips tambahan untuk melepas label dari stoples kaca

Jika metode di atas tidak berhasil, cobalah menghilangkan label pada stoples kaca dengan produk-produk berikut.

• Nail polish remover

Ikuti langkah-langkah yang direkomendasikan untuk menggunakan alkohol gosok, tetapi ganti dengan nail polish remover (aseton) atau penghapus cat kuku sebagai pelarut untuk melarutkan lem.

• WD-40

Digunakan sebagai pelumas, WD-40 juga mengandung pelarut hidrokarbon yang dapat melonggarkan lem. Semprotkan pada label, tutup dengan bungkus plastik, lalu tunggu setidaknya 20 menit, kikis label dengan pengikis plastik, dan cuci dengan air sabun panas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com