Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Cara Mudah Membuka Tutup Stoples yang Sulit Diputar

Kompas.com - 19/03/2022, 07:14 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Dalam kondisi tertentu, stoples dengan tutup yang diputar akan sulit dibuka. Hal ini tidak hanya membuat jengkel, tetapi juga membuat telapak tangan dan pergelangan tangan terasa sakit serta pegal. 

Dikutip dari Martha Stewart, Sabtu (19/3/2022), berikut empat cara mudah membuka tutup stoples agar tangan tidak sakit atau pegal. 

Baca juga: Mudah dan Higienis, Ini Cara Menanam Bonggol Aglonema di Toples

Putar tutup dengan kain silikon

Ilustrasi menyimpan bumbu dapur di stoples, lalu diletakkan di lemari dapur. PEXELS/ Monicore Ilustrasi menyimpan bumbu dapur di stoples, lalu diletakkan di lemari dapur.

Guru masak dan founder dari Purple Kale Kitchenworks, Ronna Welsh, mengungkapkan, salah satu cara membuka tutup stoples adalah menggunakan kain silikon.

Caranya, taruh kain menutupi semua tutup stoples, lalu mulai putar tutupnya hingga terbuka.

Baca juga: 12 Inspirasi Menggunakan Kembali Stoples Kaca Bekas

Siram stoples dengan air panas

Cara selanjutnya adalah menyiram tutup stoples dengan air panas. Penata makanan, Jason Schreiber, mengatakan metode kuno ini masih efektif dilakukan.

Kamu hanya perlu menyiram stoples dengan air panas, lalu buka dengan kain silikon. Jika masih belum berhasil, gunakan gagang sendok.

Editorial Director of Food and Entertaining di Martha Stewart, Sarah Carey, mengatakan  gagang sendok dapat ditaruh di tepi bawah tutup stoples.

“Berikan tekanan sampai terdengar bunyi 'letupan' (yakni segel yang terlepas). Saya menggunakan metode ini, tetapi (metode) mungkin dianggap berbahaya karena berpotensi memecahkan kaca stoples akibat tekanan sendok,” tutur Carey.

Baca juga: 3 Cara Membuka Makanan Kaleng Tanpa Alat Pembuka

Pukul meja dengan tutup stoples

Ilustrasi puree sayur di dalam stoples kaca. SHUTTERSTOCK/MARGOUILLAT PHOTO Ilustrasi puree sayur di dalam stoples kaca.

Cara ketiga, pegang stoples dengan posisi tutup berada di bawah. Selanjutnya, pukul ke arah meja sebanyak tiga kali.

“Pukulannya biasanya akan merusak segel vakum stoples,” kata Welsh.

Deputy Food Editor di Martha Stewart, Greg Lofts menambahkan, cara ini paling cocok untuk stoples saus.

“Memukul dengan bagian bawah stoples dengan telapak tangan sering kali cukup untuk menciptakan bunyi 'letupan'. Membuat tutupnya mudah diputar dan dilepas,” ujar Lofts.

Baca juga: Cara Membuka Makanan Kaleng Tanpa Pembuka Kaleng

Pakai pembuka kaleng

Cara terakhir membuka tutup stoples yang sulit dibuka adalah menggunakan pembuka kaleng. Gunakan pengait di dekat pegangan di bawah mata pisau untuk membuka tutup kaleng secara perlahan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com