Kompas.com - 10/09/2021, 14:26 WIB
Ilustrasi tanaman aglonema. SHUTTERSTOCK/PRAPAIlustrasi tanaman aglonema.

JAKARTA, KOMPAS.com- Jika kamu tak memiliki banyak lahan atau pot untuk memperbanyak tanaman aglonema, gunakan saja toples plastik.

Ya, selain digunakan sebagai wadah penyimpanan makanan, toples plastik juga bisa dijadikan media tanam yang higienis bahkan membuat pertumbuhan tanaman aglonema jadi lebih baik.

Melansir dari kanal Youtube Rimawan Vlog pada Jumat (10/9/2021) berikut ini cara menanam bonggol aglonema menggunakan toples.

Baca juga: Penyebab Daun Aglonema Mengecil dan Cara Mengatasinya

Siapkan bonggol aglonema

Siapkan bonggol aglonema yang akan ditanam, lalu hilangkan kulit-kulit htam di sekitar bonggol agar tunas aglonema yang baru tumbuh bisa subur. Potong sekitar 2cm dan pastikan tidak mengenai mata tunas. Kemudian diamkan beberapa saat.

Teteskan betadine

Selanjutnya, teteskan betadine atau obat penutup luka dan antiseptik ke bagian ujung atas dan bawah bonggol yang sudah dipotong.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Rekomendasi Pupuk untuk Aglonema agar Subur dan Daunnya Lebat

Siapkan media tanam

Gunakan media tanam berupa campuran dari tujuh bahan lalu fermentasi dengan EM4 bakteri baik. Setelah difermentasi selama 1 bulan, media tanam bisa digunakan.

Masukkan media tanam ke dalam pot ukuran sedang. Lalu siapkan B1 dan antracol yang sudah dilarutkan ke dalam ari. Takarannya mengikuti petunjuk penggunaan yang ada di bungkus produk.

Baca juga: Tips Membuat Tanaman Aglonema Cepat Bertunas

Larutkan antracol dan B1

Selanjutnya, siram larutan antracol dan B1 ke media tanah yang sudah disiapkan hingga media tanam benar-benar basah.

 

Hal ini dilakukan untuk mensterilisasi media tanam agar ketika dimasukkan ke dalam toples tidak berbakteri, higienis, dan tanaman lebih sehat.

Baca juga: Penyebab Utama Aglonema Tidak Mau Bertunas

Siapkan toples

Siapkan toples ukuran besar berbentuk kotak terbuat dari plastik. Taburkan media tanam yang sudah dicampur dengan antracol dengan B1 kemudian letakkan bonggol aglonema di atasnya dalam posisi tertidur dan pastikan agar bonggolnya sedikit tertutup media tanam. Lalu taburi irisan bawang merah. untuk merangsang pertumbuhan dan anti jamur.

Tutup toples hingga rapat. Biasanya tunas dari bonggol itu akan mulai tumbuh setelah 2 minggu.

Baca juga: Cara Mengobati Aglonema yang Mengalami Busuk Daun

 

Jika sudah satu bulan dan tunas memiliki minimal 3 lembar daun, maka sebaiknya dipindah ke media tanam pot.

Cek secara rutin apakah tanaman berbau busuk di dalam toples? Jika ya, buang irisan bawang merah, lalu ganti dengan irisan yang baru.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber YouTube
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.