Kompas.com - 18/03/2022, 21:08 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Ada banyak tipe atau ukuran rumah yang dapat dipilih, dari rumah berukuran besar, berukuran sedang, hingga berukuran kecil. 

Masing-masing tipe rumah tersebut memiliki keuntungan dan kekurangnya tersendiri. Untuk rumah berukuran besar, misalnya, kamu memiliki banyak ruang untuk membuat kamar tidur atau ruangan tambahan lainnya. 

Baca juga: 5 Hal yang Perlu Dilakukan Saat Pindah ke Rumah yang Lebih Kecil

Ukuran rumah yang besar juga memungkinkan kamu memiliki kolam renang, kebun, atau area bermain anak.

Deretan keuntungan yang dimiliki rumah berukuran besar sering kali membuat rumah berukuran kecil jarang dilirik banyak orang. Padahal, rumah kecil juga memiliki beragam keuntungan.

Untuk mengetahui lebih lanjut, disadur Reader’s Digest, Jumat (18/3/2022), berikut keuntungan tinggal di rumah kecil yang jarang diketahui orang. 

Baca juga: Patut Dicoba, Ini 6 Tips Membuat Rumah Lebih Sehat dan Nyaman

Kegiatan bersih-bersih tidak melelahkan

Ilustrasi rumah kecil.SHUTTERSTOCK / Hendrickson Photography Ilustrasi rumah kecil.

Rumah berukuran besar membuat kegiatan bersih-bersih menjadi lebih berat dan sering untuk menjaga hunian tetap terawat.

Selain itu, kegiatan bersih-bersih juga bisa melelahkan sehingga mesti melibatkan banyak orang. Misalnya, mengajak anak-akan membersihkan rumah.

Namun, jika mereka sudah dewasa dan meninggalkan rumah, kamu terpaksa membersihkan rumah berukuran besar seorang diri. Tentunya ini akan sangat melelahkan.

Baca juga: 7 Ide Dekorasi Rumah Kecil dengan Gaya Desain Hygge

Mengurangi biaya hidup 

Pindah ke rumah yang lebih kecil dapat mengurangi biaya hidup seperti tagihan listrik dan produk pembersih.

Dengan demikian, kamu dapat memanfaatkan uang atau pengeluaran tersebut untuk hal penting lainnya seperti atau membeli rumah lain di area yang berbeda.

Bisa menabung untuk hari tua atau untuk anak-anak

Mengingat tinggal di rumah berukuran kecil membuat biaya hidup berkurang, kamu akan lebih mudah menabung untuk hari tua atau mendekorasi rumah agar tampak menarik meski berukuran kecil. 

Baca juga: 5 Tips Membuat Rumah Kecil Menjadi Tempat Berkumpul yang Menghibur

Kehidupan menjadi lebih sederhana

Tinggal di rumah kecil dapat membuat hidup menjadi lebih sederhana. Rumah akan bebas dari kekacauan atau barang-barang yang tidak diperlukan sehingga membuat Anda tidak capek membereskannya. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.