Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/03/2022, 17:46 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Nyamuk merupakan serangga yang kehadirannya cukup mengganggu di rumah. Hal ini karena serangga ini membawa sumber penyakit seperti demam berdarah dan malaria.

Salah satu area di rumah yang rentan menjadi tempat berkembang biaknya nyamuk adalah kamar mandi. Nyamuk sangat tertarik dengan kamar mandi karena di area inilah tersedia genangan air untuk tempat nyamuk bertelur.

Melansir dari Loo Academy, Jumat (18/3/2022), untuk menyingkirkan nyamuk dan jentiknya di kamar mandi, sebaiknya segera lakukan langkah-langkah berikut ini.

Baca juga: 5 Hal yang Dapat Menyebabkan Kamar Tidur Banyak Nyamuk

Gunakan semprotan anti nyamuk

Semprotan nyamuk membantu mengusir nyamuk dan mencegah pertumbuhan telur di dalam kamar mandi. Sebaiknya pilihlah semprotan anti nyamuk yang mengandung sedikit DEET, dengan dosis 10-15%.

DEET dapat bereaksi pada kulit manusia, namun aman jika digunakan dengan benar. Semprot kamar mandi saat nyamuk sedang aktif-aktifnya sehingga hasilnya akan lebih efektif.

Pastikan menutup jendela dan pintu kamar mandi, dan semprotkan di area tempat nyamuk bersembunyi seperti lubang air dan belakang pintu.

Baca juga: 7 Tips Mencegah Nyamuk Bersarang di Kolam Ikan

Singkirkan genangan air

Air yang menggenang dalam waktu yang lama dapat menjadi tempat berkembang biaknya nyamuk. Air yang bersih yang tergenang ini dijadikan nyamuk sebagai tempat bertelur, nyamuk bisa bertelur hingga 100 telur sekaligus.

Sebaiknya pastikan kamar mandi benar-benar kering setelah digunakan. Kuras bak air dan ember secara rutin untuk menjaga kebersihannya. Jika saluran pembuangan tergenang air, kamu bisa menuangkan minyak ke dalamnya untuk membunuh jentik nyamuk.

Baca juga: 5 Cara Mengusir Nyamuk dari Rumah, Pakai Kamper hingga Bubuk Kopi

Tambahkan tanaman hias

Ilustrasi tanaman hias Chinese Money Plant (Pilea peperomioides). UNSPLASH/SEVERIN CANDRIAN Ilustrasi tanaman hias Chinese Money Plant (Pilea peperomioides).

beberapa jenis tanaman hias tidak disukai nyamuk karena bau dan minyak yang dihasilkannya. Tanaman ini bisa kamu jadikan pilihan untuk menghiasi kamar mandi. Beberapa diantaranya adalah:

  • Lavender
  • Rosemary
  • Daun mint
  • Floss flower

Selain mengusir nyamuk, tanaman ini juga memberikan aroma yang menenangkan di kamar mandi. Sebaiknya letakkan tanaman di dekat jendela agar tetap terkena cahaya matahari.

Baca juga: Gampang, Ini 4 Cara Membasmi Nyamuk di Halaman Rumah

Gunakan lampu LED

Lampu LED tidak membunuh nyamuk, tetapi dapat menjauhkannya dari kamar mandi . Nyamuk tidak tertarik ke area dengan lampu serangga kuning, lampu natrium, atau lampu LED.

Selain tidak mahal, lampu LED juga cukup hemat energi. Selain itu cahaya yang dihasilkan juga dapat membuat kamar mandi menjadi lebih indah dan terang.

Baca juga: 7 Area Rumah yang Sering Jadi Sarang Nyamuk dan Cara Membasminya

Membersihkan kamar mandi secara rutin

Dari semua langkah diatas, membersihkan kamar mandi adalah hal yang paling penting dan ampuh mengusir nyamuk.

Idealnya kamu harus membersihkan kamar mandi setiap hari. Berikut langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk membersihkan kamar mandi:

  • Bersihkan saluran pembuangan dan buang kotoran yang menyumbat
  • Gosok lantai dengan bahan kimia seperti Clorox sebulan sekali, atau gunakan campuran sabun cair, soda kue, dan hidrogen peroksida agar ubin kamar mandi tetap bersih dan berkilau.
  • Kosongkan ember dan tutup penampung air setelah digunakan
  • Kosongkan tempat sampah di dalam kamar mandi setiap malam sebelum kamu tidur.
  • Karena nyamuk tertarik dengan bau, cuci gorden kamar mandi dan handuk seminggu sekali dengan deterjen.
  • Tuangkan cuka dan soda kue ke dalam saluran air dan siram dengan air panas untuk membunuh telur nyamuk.
  • Cuci vas bunga/tanaman untuk menghilangkan telur nyamuk dan ganti air dari vas bunga secara rutin.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com