Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat, 8 Hal yang Membuat Nyamuk Datang ke Rumah Anda

Kompas.com - 25/12/2021, 11:47 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Nyamuk adalah salah satu hama yang sering menghampiri rumah. Kehadiran nyamuk tentu menyebabkan ketidaknyamanan, karena dapat bersarang di rumah dan memicu berbagai penyakit.

Memang, ada banyak produk pembasmi nyamuk yang dijual di pasaran. Akan tetapi, penting juga untuk mengetahui langkah pencegahan agar nyamuk tidak hadir di rumah.

Dilansir dari Family Handyman, Sabtu (25/12/2021), beberapa hal pun ternyata menyebabkan nyamuk datang ke rumah dan bersarang. Ketahui hal-hal tersebut untuk mencegah hadirnya nyamuk.

Baca juga: 5 Cara Mudah Mencegah Nyamuk Berkembang Biak di Rumah

Ilustrasi tempat sampah. SHUTTERSTOCK/JOSEP CURTO Ilustrasi tempat sampah.

1. Tempat sampah yang terbuka

Sampah dan air yang terkumpul di tempat sampah saat dibiarkan terbuka, dapat menyebabkan nyamuk datang ke rumah Anda. Tempat sampah adalah tempat berkembang biak nyamuk, jadi jangan biarkan terbuka.

Tutup rapat tempat sampah untuk memenangkan perang melawan nyamuk.

2. Tanaman tertentu

Beberapa tanaman di kebun mungkin menjadi mercusuar bagi nyamuk. Bambu, talas, papirus, lili air, eceng gondok, dan selada air semuanya dapat menarik nyamuk, menurut Intelligent Living.

Jika Anda memiliki satu atau beberapa tanaman tersebut di halaman rumah, pertimbangkan untuk menggantinya dengan tanaman yang dapat mengusir nyamuk.

Baca juga: 9 Hal yang Menjadi Penyebab Nyamuk Bersarang di Area Rumah

3. Genangan air di halaman rumah

Air yang tergenang adalah salah satu hal utama yang menarik nyamuk. Saat musim hujan, pastikan halaman rumah memiliki drainase yang baik.

4. Sampah dedaunan di halaman rumah

Sampah daun dan puing-puing batang kayu di halaman rumah adalah tempat berkembang biak yang baik bagi nyamuk karena melindungi mereka dari angin dan elemen lainnya, menurut Tailor Made Laws.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com