Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/12/2021, 09:12 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Selamat Natal bagi Anda yang merayakan. Perayaan Natal identik dengan berkumpul bersama keluarga, serta menghias rumah dengan berbagai dekorasi Natal.

Dilansir dari The Spruce, Sabtu (25/12/2021), ada beberapa tanaman dan bunga khas yang banyak digunakan sebagai elemen dekorasi Natal. Tanaman Natal ini sangat bervariasi dalam penampilan dan persyaratan perawatan.

Beberapa tanaman tersebut berukuran kecil dan dapat disimpan sebagai tanaman pot di dalam ruangan, sementara yang lain adalah pohon tinggi dan semak yang membutuhkan tempat yang luas di taman.

Baca juga: 8 Tips Mempersiapkan dan Mendekorasi Rumah untuk Liburan Natal

Akan tetapi, tanaman-tanaman tersebut memberikan getaran meriah sebagai dekorasi hidup selama Natal. Jika Anda ingin tanaman ini bertahan selama Natal dan seterusnya, penting untuk mengetahui persyaratan perawatan khususnya.

Berikut beberapa tanaman dan bunga khas yang banyak dijadikan sebagai elemen dekorasi Natal.

Ilustrasi tanaman hias Poinsettia atau kastuba merah. PIXABAY/SANDID Ilustrasi tanaman hias Poinsettia atau kastuba merah.

1. Poinsettia atau kastuba merah (Euphorbia pulcherrima)

Tanaman subtropis asli Meksiko ini telah berevolusi menjadi simbol Natal karena warna merah dan hijau yang meriah. Juga, bentuk bunga poinsettia dikatakan melambangkan bintang Betlehem.

Pastikan untuk tidak menyirami poinsettia secara berlebihan, karena mereka rentan terhadap busuk akar. Siram saat 2 inci bagian atas tanah terasa kering, dan pastikan pot memiliki drainase yang memadai.

Baca juga: 5 Tanaman Hias untuk Mempercantik Rumah di Hari Natal

Selain itu, poinsettia membutuhkan banyak sinar matahari yang terang dan tersaring, sehingga tidak tumbuh berkaki panjang.

2. Holly (Ilex opaca)

Semak holly selalu tetap hijau dan tidak memerlukan perawatan, bahkan selama cuaca dingin yang paling keras. Plus, cabang-cabangnya dipenuhi dengan buah beri merah cerah di sekitar waktu Natal, sempurna untuk menghiasi rumah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com