Kompas.com - 24/12/2021, 15:10 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Liburan Natal dan akhir tahun sudah di depan mata. Mempersiapkan rumah dan mendekorasi ruangan bertema Natal dan tahun baru menjadi salah satu agenda yang dilakukan dalam waktu dekat ini.

Melansir dari Taste of Home, Jumat (24/12/2021), ada berbagai tips membuat ruangan semakin meriah dan ceria sepanjang akhir tahun ini.

Berikut beberapa tips mempersiapkan rumah dan mendekorasi rumah untuk liburan Natal dan tahun baru dari para desainer interior.  

Baca juga: 5 Tanaman Hias untuk Mempercantik Rumah di Hari Natal 

Gunakan tanaman hijau yang segar

Ilustrasi tanaman hias Philodendron Melanochrysum atau Philodendron Black Gold. SHUTTERSTOCK/FIRN Ilustrasi tanaman hias Philodendron Melanochrysum atau Philodendron Black Gold.
Desainer, artis, dan penulis buku terlaris The New York Times The New Bohemians, Justina Blakeney, merekomendasikan untuk menampilkan tanaman hijau segar seperti tanaman pot dari taman di seluruh rumah sebagai bagian dari dekorasi liburan Anda.

“Jika mencari tanaman yang lebih meriah, Anda bisa membawa poinsettia atau kaktus Natal," ungkap Blakeney.  

Baca juga: Perhatikan, 5 Kesalahan dalam Menghias Pohon Natal

Tambahkan kenyamanan pada kamar tamu

Blakeney mengatakan, apabila mengharapkan tamu bermalam selama liburan, Anda perlu menyegarkan kamar tamu dan kamar mandi tamu.

“Mulailah dengan tempat tidur dan bantal di kamar tidur tamu. Melapisi bantal dengan warna hangat, tekstur lembut, dan tempat tidur yang super nyaman akan membuat tamu betah.” 

Perbarui perlengkapan kamar mandi

Blakeney menyarakan untuk menyegarkan tampilam kamar mandi tamu dengan memperbarui kepala shower serta membersihkan kamar mandi secara rutin menjelang liburan.

Baca juga: 5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Mendekorasi Rumah di Hari Natal 

Perhatikan pencahayaan

Ilustrasi pencahayaan di dalam rumah. SHUTTERSTOCK/PIXEL-SHOT Ilustrasi pencahayaan di dalam rumah.
Menurut Blakeney, pencahayaan adalah kunci menyiapkan rumah untuk liburan. Cobalah menyalakan lilin pada malam hari untuk mendapatkan cahaya keemasan yang hangat. 

Pilihan pencahayaan meriah lainnya adalah lampu berkelap-kelip. Ada banyak pilihan lampu hemat energi seperti lampu senar LED yang dapat diletakkan di ambang jendela, sekitar karangan bunga, atau sebagai karangan bunga pada dinding atau digantung di ambang pintu. 

Baca juga: 7 Ide Dekorasi Natal yang Hemat Anggaran dan Penuh Gaya 

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.