Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Membasmi Nyamuk di Rumah dengan Cuka dan Cara Membuatnya

Kompas.com - 06/11/2021, 16:00 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Nyamuk yang muncul dan berterbangan di rumah merupakan sebuah gangguan, bahkan berisiko berbahaya bagi kesehatan

Pasalnya, nyamuk dapat menyebabkan penyakit demam berdarah dan malaria. Namun, membasmi nyamuk di rumah menggunakan semprotan serangga juga bisa berbahaya bagi pernapasan lantaran mengandung bahan kimia.

Untuk itu, mengusir nyamuk dengan bahan alami merupakan pilihan tepat. Salah satu bahan alami yang bisa dipilih adalah cuka

Melansir dari Hunker, Sabtu (6/11/2021), berikut tips membasmi nyamuk dengan cuka dan cara membuatnya. 

Baca juga: 5 Bunga Pengusir Nyamuk, Cocok Ditanam di Halaman Rumah

Cuka sebagai pengusir nyamuk

Untuk menjadikannya minuman untuk diet, cobalah mencampurkan 1-2 sendok makan cuka sari apel ke dalam satu cangkir air dan meminumnya setiap hari.FREEPIK/RAWPIXEL.COM Untuk menjadikannya minuman untuk diet, cobalah mencampurkan 1-2 sendok makan cuka sari apel ke dalam satu cangkir air dan meminumnya setiap hari.
Selain berbahaya bagi pernapasan, beberapa semprotan serangga komersial juga tidak selalu disukai untuk digunakan di sekitar anak-anak atau hewan peliharaan serta memiliki harga yang mahal.

Obat pembasmi nyamuk yang dibuat dengan cuka adalah cara efektif, relatif mudah, dan murah untuk menangkal nyamuk serta hama yang berkeliaran. 

Baca juga: 4 Cara Membasmi Nyamuk dari Halaman Rumah

Cuka adalah bahan alami beraroma kuat yang tidak disukai nyamuk. Serangga kecil ini akan melepaskan gigitan mereka saat merasakan adanya bau yang kuat seperti cuka. 

Cuka sari apel lebih disukai daripada cuka putih yang dicampur dengan air. Namun, kedua cuka tersebut bisa digunakan.

Caranya, campurkan cangkir cuka putih dengan tiga cangkir air dan tambahkan satu sendok teh sabun cuci piring agar larutannya lebih efektif. 

Baca juga: Tips Usir Nyamuk dari Rumah Saat Musim Hujan

 

Pengusir nyamuk untuk kulit

Jika ingin menghindari DEET, tetapi masih lebih menyukai produk penolak nyamuk yang teruji secara ilmiah, mencoba produk yang mengandung picaridin atau minyak lemon dari kayu putih sebagai solusi. 

Solusi lain yang mungkin cocok untuk Anda adalah penggunaan minyak esensial seperti lemon, rosemary, lavender, peppermint, eucalyptus, serai, juga geranium.

Cuka sari apel adalah bahan alami untuk mengusir nyamuk tanpa mengiritasi kulit.  Aroma cuka yang kuat tidak disukai nyamuk. 

Baca juga: 5 Cara Alami Mengusir Nyamuk di Rumah 

Untuk solusi topikal buatan sendiri, campurkan seperempat cangkir cuka sari apel dengan 40 tetes minyak esensial pilihan dalam botol semprot kecil.

Aroma cuka yang kuat dapat diimbangi dengan minyak beraroma kuat seperti rosemary, peppermint, atau lavender. Kocok botol dengan baik sebelum menyemprotkan campuran ke kulit tubuh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Spruce
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com