Kompas.com - 26/11/2021, 19:12 WIB
Cara mengusir nyamuk tak hanya menggunakan semprotan atau losion, tetapi juga bisa dengan memelihara tanaman pengusir nyamuk.
PIXABAY/SHAMMIKNRCara mengusir nyamuk tak hanya menggunakan semprotan atau losion, tetapi juga bisa dengan memelihara tanaman pengusir nyamuk.

JAKARTA, KOMPAS.com - Nyamuk bisa menjadi hama yang mengganggu dan menyebarkan penyakit pada seluruh anggota keluarga. Untuk itu, Anda harus membersihkan area rumah untuk mencegah nyamuk bersarang di beberapa area tersebut.

Melansir dari Family Handyman, Jumat (26/11/2021), ada beberapa hal yang membuat nyamuk bersarang di dalam rumah dan harus dihindari. Apa saja? Simak ulasannya berikut ini. 

Membuka tempat sampah

Sampah dan air yang terkumpul di tempat sampah saat dibiarkan terbuka dapat menjadi sarang nyamuk.

Baca juga: Cara Mengusir Nyamuk di Rumah Menggunakan Cuka

 Tempat sampah adalah tempat berkembang biaknya nyamuk, jadi jangan biarkan mereka terbuka. Tutup rapat-rapat untuk menghindari nyamuk menyebar di area rumah. 

Air tergenang di halaman

Air yang tergenang  adalah salah satu hal utama yang menarik nyamuk. Jika Anda tinggal di daerah yang  sering hujan, pastikan halaman Anda memiliki drainase yang baik.

Tanaman tertentu

Beberapa tanaman di kebun Anda mungkin menjadi daya tarik bagi nyamuk. Bambu, talas, papirus, lili air, eceng gondok, dan selada air semuanya dapat menarik nyamuk.

Jika Anda memiliki satu atau lebih tanaman tersebut di halaman Anda, pertimbangkan untuk menggantinya dengan tanaman pengusir nyamuk.

Baca juga: Waspada, Ini Penyebab Banyak Nyamuk di Rumah

Puing-puing halaman

Puing-puing halaman adalah tempat berkembang biak yang menguntungkan bagi nyamuk karena melindungi mereka dari angin dan elemen lainnya.

Daftar ini termasuk potongan rumput, vegetasi yang ditumbuhi, tumpukan batang, ranting dan cabang.

Selain itu tumpukan daun, rumput tinggi yang belum dipotong, tumpukan kompos, dan area alami dan semak yang tidak terawat juga menjadi tempat sempurna untuk nyamuk berkembang biak.

Kolam renang anak-anak 

Seperti genangan air lainnya, kolam renang anak-anak  adalah magnet besar bagi nyamuk. Pastikan bahwa ketika Anda selesai untuk hari itu, Anda mengosongkan kolam sehingga tidak menyebabkan nyamuk bersarang. 

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.