Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Hal yang Menjadi Penyebab Nyamuk Bersarang di Area Rumah

Kompas.com - 26/11/2021, 19:12 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Nyamuk bisa menjadi hama yang mengganggu dan menyebarkan penyakit pada seluruh anggota keluarga. Untuk itu, Anda harus membersihkan area rumah untuk mencegah nyamuk bersarang di beberapa area tersebut.

Melansir dari Family Handyman, Jumat (26/11/2021), ada beberapa hal yang membuat nyamuk bersarang di dalam rumah dan harus dihindari. Apa saja? Simak ulasannya berikut ini. 

Membuka tempat sampah

Sampah dan air yang terkumpul di tempat sampah saat dibiarkan terbuka dapat menjadi sarang nyamuk.

Baca juga: Cara Mengusir Nyamuk di Rumah Menggunakan Cuka

 Tempat sampah adalah tempat berkembang biaknya nyamuk, jadi jangan biarkan mereka terbuka. Tutup rapat-rapat untuk menghindari nyamuk menyebar di area rumah. 

Air tergenang di halaman

Air yang tergenang  adalah salah satu hal utama yang menarik nyamuk. Jika Anda tinggal di daerah yang  sering hujan, pastikan halaman Anda memiliki drainase yang baik.

Tanaman tertentu

Beberapa tanaman di kebun Anda mungkin menjadi daya tarik bagi nyamuk. Bambu, talas, papirus, lili air, eceng gondok, dan selada air semuanya dapat menarik nyamuk.

Jika Anda memiliki satu atau lebih tanaman tersebut di halaman Anda, pertimbangkan untuk menggantinya dengan tanaman pengusir nyamuk.

Baca juga: Waspada, Ini Penyebab Banyak Nyamuk di Rumah

Puing-puing halaman

Puing-puing halaman adalah tempat berkembang biak yang menguntungkan bagi nyamuk karena melindungi mereka dari angin dan elemen lainnya.

Daftar ini termasuk potongan rumput, vegetasi yang ditumbuhi, tumpukan batang, ranting dan cabang.

Selain itu tumpukan daun, rumput tinggi yang belum dipotong, tumpukan kompos, dan area alami dan semak yang tidak terawat juga menjadi tempat sempurna untuk nyamuk berkembang biak.

Kolam renang anak-anak 

Seperti genangan air lainnya, kolam renang anak-anak  adalah magnet besar bagi nyamuk. Pastikan bahwa ketika Anda selesai untuk hari itu, Anda mengosongkan kolam sehingga tidak menyebabkan nyamuk bersarang. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com