Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Mengusir Nyamuk dari Rumah, Pakai Kamper hingga Bubuk Kopi

Kompas.com - 25/02/2022, 14:31 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Nyamuk adalah salah satu hama serangga yang sangat mengganggu di rumah. Gigitan nyamuk dapat menimbulkan gatal dan ketidaknyamanan.

Namun demikian, tidak hanya itu, gigitan nyamuk juga bisa menimbulkan sejumlah penyakit, seperti demam berdarah, malaria, hingga chikungunya.

Dikutip dari India Today, Jumat (25/2/2022), sangat penting bagi kita untuk mengetahui cara mengusir nyamuk dan mencegah gigitan nyamuk. Untuk mencegah gigitan nyamuk, Anda bisa menggunakan berbagai produk pengusir nyamuk yang tersedia di pasaran.

Baca juga: Gampang, Ini 4 Cara Membasmi Nyamuk di Halaman Rumah

Salah satu cara mengusir nyamuk di rumah adalah dengan menggunakan beberapa bahan alami dan bahan yang sudah ada di rumah. Berikut beberapa cara mengusir nyamuk dari rumah.

Ilustrasi kapur barus atau kamper. SHUTTERSTOCK/SOPORTOGRAPHY Ilustrasi kapur barus atau kamper.

1. Kamper

Kamper adalah produk rumah alami yang sangat efektif untuk mengusir nyamuk di sekitar Anda. Baunya yang kuat mampu mengusir nyamuk.

Kamper perlu dinyalakan di dalam ruangan tertutup dan menunggu sekitar 30 menit. Setelah 30 menit, Anda akan melihat semua nyamuk hilang.

2. Bawang putih

Bawang putih terdiri dari beberapa sifat yang membantu mengusir nyamuk. Untuk menguji metode ini, Anda dapat menghaluskan beberapa siung bawang putih lalu merebusnya dalam air.

Baca juga: 7 Area Rumah yang Sering Jadi Sarang Nyamuk dan Cara Membasminya

Tuangkan larutan ke dalam botol semprot dan semprotkan ke sekeliling ruangan ruang tamu, kamar tidur, dan ruangan lainnya.

Larutan yang terbuat dari bawang putih ini akan membunuh nyamuk secara instan. Aromanya akan menghilang dalam beberapa menit, jadi tidak perlu khawatir jika rumah berbau bawang putih.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com