Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/01/2022, 17:03 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Kehadiran nyamuk tentu jadi hal yang mengganggu. Terlebih di musim penghujan, udara lembab bikin nyamuk mudah bersarang di dalam rumah.

Semprotan nyamuk bisa jadi salah satu solusi ampuh untuk mematikan nyamuk di rumah, tapi cara ini membahayakan penghuni dan hewan peliharaan di dalamnya.

Nah, ada cara alami yang bisa Anda gunakan untuk mengusir nyamuk, yakni dengan cuka. Melansir dari Hunker pada Minggu (09/01/2021) berikut ini tips mengusir nyamuk dengan cuka.

Baca juga: Cara Mengusir Nyamuk di Rumah Pakai Jahe dan Tanaman Herbal

Cuka untuk mengusir nyamuk

Semprotan serangga alami bisa efektif tetapi juga mahal. Obat nyamuk yang dibuat dengan cuka adalah cara yang relatif mudah dan murah untuk menangkal hama yang berkeliaran.

Nyamuk merasakan dengan kaki mereka. Ketika mereka mendarat di sesuatu yang mengeluarkan bau yang kuat, seperti cuka, mereka cenderung menghindar dan tidak akan mendekati area tersebut.

Cuka sari apel lebih disukai daripada cuka putih murni, yang dicampur dengan air. Campurkan 1 cangkir cuka putih dengan 3 cangkir air dan tambahkan 1 sendok teh sabun cuci piring agar larutannya lebih efektif.

Baca juga: 5 Tanaman Terbaik untuk Membasmi Nyamuk di Rumah

Membuat jebakan nyamuk

Sebuah wadah kosong dan bersih atau soda pint diisi dengan cuka dan soda kue dapat memikat nyamuk. Nantinya, nyamuk akan terbang masuk ke dalam botol dan lalu tenggelam ke dalam larutan.

Potong bagian atas botol air sekitar 4 inci ke bawah dan balikkan ke bagian bawah botol yang dipotong untuk membuat corong.

Baca juga: Catat, 8 Hal yang Membuat Nyamuk Datang ke Rumah Anda

Tutupi botol dengan kertas hitam atau cat hitam, yang akan membingungkan nyamuk begitu mereka memasuki perangkap.

Tuangkan 1/4 cangkir soda kue ke dalam botol dan tambahkan secangkir cuka. Busa akan mengeluarkan karbon dioksida dan menarik nyamuk.

Ini hanya berfungsi untuk waktu yang singkat, jadi buatlah beberapa dan letakkan di ruang kecil yang menjadi magnet nyamuk, seperti balkon atau teras.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com