Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Memilih AC yang Tepat Sesuai Kebutuhan di Rumah

Kompas.com - 13/07/2023, 22:35 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pendingin ruangan atau AC memudahkan Anda merasa nyaman di rumah, khususnya saat cuaca panas. Membeli AC menjadi prioritas bagi banyak pemilik rumah untuk menciptakan ruangan yang sejuk dan nyaman, serta menyediakan udara yang bersih.

Namun demikian, bagaimana cara memilih AC yang tepat untuk rumah? Dikutip dari The Indian Express, Kamis (13/7/2023), berikut beberapa tips memilih AC yang tepat sesuai kebutuhan di rumah Anda.

1. Jenis AC

Ada dua jenis AC, dan Anda mungkin pernah melihat keduanya digunakan di perpustakaan, kafe, rumah, hotel, dan lainnya. Jenis AC yang lazim dijual di pasaran adalah AC window dan AC split.

Baca juga: 8 Cara Mendinginkan Kamar Tidur Tanpa AC

Ilustrasi AC di kamar tidur. SHUTTERSTOCK/PHUKETIAN.S Ilustrasi AC di kamar tidur.

AC window adalah unit tunggal berbentuk persegi panjang dan mudah dirawat serta digunakan. Keuntungan AC window adalah harganya juga lebih murah.

Ini karena semua komponen berada di dalam satu unit dan kemungkinan faktor eksternal yang menyebabkan masalah pada bagian dalam lebih kecil.

Namun, AC window seringkali berisik dan membutuhkan dinding tebal untuk pemasangan, yakni ketebalan 9 sampai 12 inci, sehingga mungkin tidak cocok untuk semua orang.

Kapasitas AC window juga terbatas dan mungkin bukan pilihan terbaik untuk ruangan yang lebih besar.

Baca juga: Hitachi Hadirkan Solusi AC Hemat Energi dan Kaya Fitur

Sementara itu, pada AC split, seluruh bodi alat ini terbagi dua. Ada unit internal yang berada di dalam ruangan, dan unit eksternal yang ditempatkan di luar dinding.

Karena kedua unit terpisah dan dihubungkan dengan pipa, biaya perawatan dan pemasangan bisa lebih tinggi. AC split lebih mahal tetapi tidak berisik dibandingkan dengan AC window.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com