Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membersihkan AC Jendela agar Bekerja Optimal Saat Cuaca Panas

Kompas.com - 23/06/2023, 08:06 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sepanjang bulan-bulan musim panas yang hangat, menyalakan AC jendela menjadi solusi untuk tetap memberikan kesejukan dan kenyamanan di dalam rumah atau ruangan. 

Namun, jika sudah lama tidak membersihkan AC dan melakukan perawatan, unit AC jendela tidak akan bekerja maksimal mendinginkan dan menyejukkan ruangan. 

Baca juga: Ragam Tanda AC Berjamur dan Cara Memberishkannya

Tak hanya itu, membersihkan AC jendela juga dapat mencegah jamur dan lumut, yang dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Jamur dan lumut dapat terbentuk dan tumbuh di dalam unit AC.

Dengan beberapa bahan rumah tangga yang umum dan panduan langkah demi langkah yang mudah ini, Anda dapat merawat AC dan memastikannya mampu membuat rumah tetap sejuk selama bulan-bulan terpanas. 

Nah, dilansir dari Better Homes and Gardens, Jumat (23/6/2023), berikut cara membersihkan AC jendela agar bekerja optimal saat cuaca panas.  

Baca juga: 4 Cara Mengatasi AC Jendela yang Berderit dan Berisik

Alat dan bahan yang diperlukan 

  • Obeng (opsional).
  • Penyedot debu tangan atau penyedot debu dengan sambungan tangan.
  • Sikat bulu.
  • Sikat gigi.
  • Kaleng udara bertekanan.
  • Kain atau lap pembersih.
  • Botol semprot.
  • Ember berisi air hangat.
  • Sabun atau detergen.
  • Hidrogen peroksida (3%). 

Baca juga: Haruskah Menyalakan AC Sepanjang Malam di Kamar Tidur?

Bersihkan filter udara

Ilustrasi AC jendela.Shutterstock/Barbara Sauder Ilustrasi AC jendela.
Sebelum membersihkan AC, pastikan unit telah dicabut dari sumber listrik, lalu cari dan lepaskan filternya.

Beberapa unit AC jendela memiliki filter yang cukup ditarik keluar, sebagian yang lain perlu melepas penutup depan dengan obeng.

Lihatlah buku petunjuk pabrik untuk model Anda guna menentukan metode terbaik melepas filter unit AC. Setelah melepas filter, gunakan penyedot debu tangan untuk menyedot debu dan kotoran sebanyak mungkin.

Selanjutnya, ambil ember berisi air sabun, sikat berbulu, dan cuci filter di dalam air berbusa, kemudian sikat dengan lembut seperlunya hingga bersih.

Keringkan filter AC sepenuhnya dengan cara diangin-anginkan sebelum memasangnya kembali. 

Baca juga: Betulkah Bongkar Pasang AC Bikin Cepat Rusak dan Tidak Dingin?

Bersihkan kumparan dan sirip AC

Selanjutnya, cara membersihkan AC jendela adalah bersihkan kumparan dan sirip AC. Temukan koil dan sirip evaporator di unit AC jendela, yang mengubah udara panas menjadi udara sejuk, lalu bersihkan dengan sikat gigi atau sikat berbulu halus.

Perlakukan kumparan dan sirip dengan lembut dan hati-hati agar tidak tertekuk atau rusak. Semprotkan kumparan dan sirip dengan udara bertekanan guna menghilangkan kotoran serta debu yang tersisa.

Bersihkan eksterior dan kisi-kisi

Bersihkan kisi-kisi unit AC jendela dengan kain atau lap basah. Jika kotorannya cukup banyak, bersihkan sesuai dengan petunjuk produsen dan rendam dalam air sabun hangat, gunakan sikat atau kain lap untuk membersihkan sela-sela kisi kisi.

Setelah itu, keringkan pemanas sepenuhnya sebelum memasangnya kembali. Selanjutnya, seka bagian atas dan samping unit AC jendela dengan kain lembap.

Jika AC jendela memiliki saluran pembuangan atau baki tetesan, bersihkan juga dengan mengosongkannya dan menyekanya hingga bersih. Biarkan benar-benar kering sebelum kembali ke unit AC. 

Baca juga: 5 Penyebab AC Tidak Dingin dan Cara Mengatasinya

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com