Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Betulkah Bongkar Pasang AC Bikin Cepat Rusak dan Tidak Dingin?

Kompas.com - Diperbarui 15/06/2023, 13:23 WIB
Abdul Haris Maulana,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - AC atau air conditioner merupakan perangkat elektronik yang berfungsi sebagai pendingin penyejuk ruangan. Keberadaan AC saat ini begitu penting. 

Sebagian penghuni rumah menganggap AC adalah salah satu perabotan elektronik yang harus dimiliki untuk menciptakan ruangan yang sejuk serta nyaman, terlebih bagi mereka yang tinggal di daerah tropis atau cuaca panas.  

Baca juga: Ruangan Tidak Dingin Meskipun Pakai AC? Ini Penyebabnya

Namun, pada kondisi tertentu, misalnya saat pindah rumah, AC yang telah terpasang harus dibongkar dan dipasang ulang ke tempat yang baru. 

Ilustrasi AC.Shutterstock/Andrey_Popov Ilustrasi AC.

Hal ini pun menimbulkan pertanyaan di benak sebagian orang, yakni apakah AC yang dibongkar pasang bisa membuatnya cepat rusak dan kurang dingin?

Dilansir dari beberapa sumber, AC yang mau dibongkar, dicopot, atau mau dipindahkan dapat berefek pada freon yang berkurang. 

Baca juga: 6 Trik Menyejukkan Ruangan dan Diri Tanpa AC

Terkait dengan membongkar pasang AC bisa membuat rusak atau tidak, hal itu tergantung bagaimana dari cara teknisi yang melakukan pembongkaran dan pemasangan AC.

Apabila teknisi AC membongkar dan memasang AC dengan benar, seharusnya AC tidak akan rusak. Namun perlu diingat, untuk kembali dingin, AC yang baru dibongkar perlu divakum ulang dan ditambahkan atau diisi dengan freon baru saat akan dipasang kembali di tempat baru. 

Baca juga: Simak, Trik Membuat Pewangi Alami untuk AC di Dalam Ruangan

Vakum sendiri merupakan sebuah cara mengosongkan udara di dalam instalasi AC, pipa, juga kompresor. Proses ini perlu dilakukan untuk menjaga sistem kerja pendingin.

Vakum tidak hanya mengosongkan udara, tapi juga dapat membersihkan sisa kotoran dan air di dalam pipa atau instalasi AC.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com