Kompas.com - 10/05/2021, 17:12 WIB
Ilustrasi AC (air conditioner), pendingin ruangan dan penyaring udara (filter). Perabot elektronik yang membutuhkan banyak daya. ShutterstockIlustrasi AC (air conditioner), pendingin ruangan dan penyaring udara (filter). Perabot elektronik yang membutuhkan banyak daya.

JAKARTA, KOMPAS.com - AC atau air conditioner merupakan perangkat elektronik yang berfungsi sebagai pendingin penyejuk ruangan. Keberadaan AC saat ini begitu penting. 

Sebagian penghuni rumah menganggap AC adalah salah satu perabotan elektronik yang harus dimiliki untuk menciptakan ruangan yang sejuk serta nyaman, terlebih bagi mereka yang tinggal di daerah tropis atau cuaca panas.  

Baca juga: Ruangan Tidak Dingin Meskipun Pakai AC? Ini Penyebabnya

Namun, pada kondisi tertentu, misalnya saat pindah rumah, AC yang telah terpasang harus dibongkar dan dipasang ulang ke tempat yang baru. 

Hal ini pun menimbulkan pertanyaan di benak sebagian orang, "Apakah AC yang dibongkar pasang bisa membuatnya cepat rusak dan kurang dingin?

Dilansir dari beberapa sumber, Senin (10/5/2021), AC yang mau dibongkar, dicopot, atau mau dipindahkan dapat berefek pada freon yang berkurang. 

Baca juga: 6 Trik Menyejukkan Ruangan dan Diri Tanpa AC

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Terkait dengan membongkar pasang AC bisa membuat rusak atau tidak, hal itu tergantung bagaimana dari cara teknisi yang melakukan pembongkaran dan pemasangan AC.

Apabila teknisi AC membongkar dan memasang AC dengan benar, seharusnya AC tidak akan rusak. Namun perlu diingat, untuk kembali dingin, AC yang baru dibongkar perlu divakum ulang dan ditambahkan atau diisi dengan freon baru saat akan dipasang kembali di tempat baru. 

Baca juga: Simak, Trik Membuat Pewangi Alami untuk AC di Dalam Ruangan

Vakum sendiri merupakan sebuah cara mengosongkan udara di dalam instalasi AC, pipa, juga kompresor. Proses ini perlu dilakukan untuk menjaga sistem kerja pendingin.

Vakum tidak hanya mengosongkan udara, tapi juga dapat membersihkan sisa kotoran dan air di dalam pipa atau instalasi AC.

Selain itu, jangan lupa menjaga perawatan AC. Kamu perlu servis rutin atau membersihkan AC setiap tiga, empat, atau enam bulan sekali, tergantung dari intensitas pemakaian. 

Baca juga: Ini Ciri-ciri AC Mulai Mengalami Kerusakan

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X