Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ruangan Tidak Dingin Meskipun Pakai AC? Ini Penyebabnya

Kompas.com - 01/05/2021, 16:40 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Hunker

JAKARTA, KOMPAS.com - Di tengah cuaca yang panas, menggunakan pendingin ruangan atau AC menjadi solusi yang paling baik karena AC dapat dengan mudah dan cepat mendinginkan ruangan.

Namun, jika rumah Anda terasa tidak nyaman karena suhunya meningkat atau panas meskipun sudah menggunakan AC di dalam ruangan, ada beberapa faktor yang menjadi penyebabnya.

Dilansir dari Hunker, Sabtu (1/5/2021), sekalipun AC menghembuskan udara sejuk, bisa saja rumah Anda menjadi panas karena faktor lain, antara lain panas matahari, ventilasi yang tidak tepat, filter kotor dan sirkulasi udara yang tidak memadai di dalam kamar.

Baca juga: 6 Trik Menyejukkan Ruangan dan Diri Tanpa AC

Nah, kenapa AC ruangan tidak dingin? Ini beberapa penyebabnya.

1. Kurang naungan

Beberapa ruangan di rumah Anda mungkin sulit untuk didinginkan karena kurangnya naungan. Terutama jika ruangan memiliki banyak jendela di dalamnya.

Matahari bersinar melalui jendela dan menghangatkan ruangan. Meskipun AC Anda bekerja sekeras mungkin, ruangan yang terang benderang di musim panas tetap bisa menjadi panas.

Menghalangi matahari dari jendela adalah solusi terbaik untuk meningkatkan kemampuan AC dalam mendinginkan ruangan.

 

Baca juga: Simak, Trik Membuat Pewangi Alami untuk AC di Dalam Ruangan

Oleh karena itu, tutupi jendela dengan tirai atau tirai anti tembus pandang. Pertimbangkan untuk menanam pohon pelindung untuk menghalangi sinar matahari.

2. Salah ukuran AC

Banyak AC dipasang tanpa pertimbangan yang tepat untuk ukuran unit atau keluaran BTU yang benar. BTU (British Thermal Unit) adalah perhitungan suatu kebutuhan kapasitas pendingin AC untuk kebutuhan ruangan yang akan digunakan agar diperoleh hasil yang hemat dan optimal.

Unit ukuran yang salah, dapat mendinginkan udara tetapi tidak dapat menghilangkan kelembapan dari udara. Akibatnya, Anda mungkin merasa lembab atau berkeringat, karena AC tidak dapat mengeringkan udara secara cukup untuk membuatnya nyaman.

3. Ventilasi ruangan tidak tepat

Ventilasi yang tidak tepat dapat memerangkap terlalu banyak udara panas di dalam rumah, yang dapat membuat sebagian rumah Anda panas bahkan saat udaranya aktif. Ini terutama berlaku untuk lantai atas.

 

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com