Kompas.com - 01/05/2021, 16:00 WIB
Ilustrasi mesin cuci. SHUTTERSTOCK/KORARKARIlustrasi mesin cuci.

JAKARTA, KOMPAS.com - Mesin cuci perlahan kotor karena sering digunakan. Sisa deterjen yang menumpuk membuat mesin cuci perlu dibersihkan secara rutin.

Membersihkan mesin cuci dengan benar perlu dilakukan untuk mencegah bau, jamur, dan kotoran. Anda bisa membersihkan mesin cuci dengan produk pembersih seperti asam sitrat atau citroenzuur, maupun cuka dan soda kue alias baking soda.

Dikutip dari Architectural Digest, Sabtu (1/5/2021), berikut cara membersihkan mesin cuci bukaan atas dengan cuka dan soda kue.

Baca juga: Catat, Cara Menghilangkan Jamur di Mesin Cuci

1. Tuang cuka ke mesin cuci

Atur mesin cuci Anda untuk bekerja pada pengaturan tertinggi dan terpanas. Tambahkan empat cangkir cuka putih, dan nyalakan mesin cuci.

Setelah mesin cuci terisi air, hentikan sejenak mesin cuci dan diamkan air dan cuka tersebut selama satu jam.

2. Seka tutup dan permukaan mesin cuci

Sementara Anda menunggu, Anda dapat menangani sisa permukaan mesin cuci. Semprotkan cuka ke kain mikrofiber dan usapkan di sepanjang bagian atas dan bawah penutup, bagian samping, dan bagian depan mesin cuci.

Gosok setiap sudut mesin cuci Anda secara merata.

Baca juga: 4 Tips Merawat Mesin Cuci agar Tetap Awet

3. Fokus pada dispenser deterjen dan pelembut

Dispenser deterjen dan pelembut kain mesin cuci membutuhkan perhatian ekstra. Sikat gigi bekas akan berguna untuk benar-benar menggosok bukaannya dan membuatnya segar dan bersih.

4. Jalankan siklus pencucian dengan soda kue

Setelah siklus pertama berakhir, tuangkan secangkir soda kue dan hidupkan kembali mesin cuci Anda untuk siklus yang lebih kuat (masih pada pengaturan terpanas atau tertinggi).

5. Biarkan tutup mesin cuci terbuka

Anda perlu membiarkan mesin cuci bukaan atas Anda mengering. Cara termudah adalah dengan membuka tutup mesin cuci lalu biarkan saja sampai kering, atau Anda bisa menyekanya dengan kain mikrofiber kering.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X