Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Kesalahan Ini Bikin Cara Kerja AC Tak Efisien, Tagihan Listrik Naik

Kompas.com - 26/04/2021, 20:16 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Time

JAKARTA, KOMPAS.com- Pendingin ruangan atau AC (air conditioner) menjadi alat elektronik yang sangat membantu untuk memberikan saat cuaca sedang panas. Namun, terkadang saat musim panas datang, tagihan listrik bisa melonjak karena satu dan lain hal.

Dilansir dari Time, Senin (26/4/2021), ada kesalahan yang Anda lakukan dalam penggunaan AC rumah, dan mungkin mengurangi efisiensi, efektivitas, dan keamanannya.

“Jika Anda memiliki sistem yang tidak dirawat dengan baik, sistem tersebut dapat terkontaminasi oleh mikroorganisme yang mungkin berbahaya jika terhirup,” kata Mark Mendell, staf ilmuwan di Grup Lingkungan Dalam Ruangan Laboratorium Nasional Lawrence Berkeley.

Baca juga: AC Vs Air Cooler, Apa Bedanya?

Mendell menyebutkan masalah asma dan alergi sebagai beberapa kemungkinan bahaya. Berikut adalah kesalahan paling umum yang dilakukan orang saat menggunakan AC di dalam rumah.

1. Tidak membersihkan filter AC

Minimal, Anda harus mengganti filter pada unit AC sentral setiap tiga bulan sekali dan sesering sebulan sekali jika AC Anda terus berjalan.

Jika tidak dibersihkan, filter kotor dapat menyebabkan aliran udara yang buruk atau pembekuan koil evaporator unit Anda. Filter kotor dapat menambah 5 hingga 15 persen ke dalam tagihan listrik, dan dapat memperpendek umur keseluruhan AC.

2. Menyetel suhu terlalu rendah

Menyetel AC dengan suhu rendah dianggap akan mendinginkan ruangan dengan cepat, padahal anggapan itu salah, karena ketika suhu dinaikkan atau diturunkan, ruangan akan dingin dengan kecepatan yang sama.

Baca juga: 10 Mitos Mengenai Penggunaan AC yang Jangan Lagi Kamu Percaya

Selain itu, ketika Anda menaikkan suhu AC, Anda akan memotong hingga 3 persen tagihan listrik.

3. Tidak memanfaatkan kipas angin

Semua jenis kipas angin terutama kipas angin gantung, dapat membantu menjaga sirkulasi udara dingin di seluruh rumah Anda. Hal ini menghilangkan beberapa beban dari sistem AC.

Halaman:
Sumber Time
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com