Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Membersihkan AC Jendela agar Bekerja Optimal Saat Cuaca Panas

Namun, jika sudah lama tidak membersihkan AC dan melakukan perawatan, unit AC jendela tidak akan bekerja maksimal mendinginkan dan menyejukkan ruangan. 

Tak hanya itu, membersihkan AC jendela juga dapat mencegah jamur dan lumut, yang dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Jamur dan lumut dapat terbentuk dan tumbuh di dalam unit AC.

Dengan beberapa bahan rumah tangga yang umum dan panduan langkah demi langkah yang mudah ini, Anda dapat merawat AC dan memastikannya mampu membuat rumah tetap sejuk selama bulan-bulan terpanas. 

Nah, dilansir dari Better Homes and Gardens, Jumat (23/6/2023), berikut cara membersihkan AC jendela agar bekerja optimal saat cuaca panas.  

Beberapa unit AC jendela memiliki filter yang cukup ditarik keluar, sebagian yang lain perlu melepas penutup depan dengan obeng.

Lihatlah buku petunjuk pabrik untuk model Anda guna menentukan metode terbaik melepas filter unit AC. Setelah melepas filter, gunakan penyedot debu tangan untuk menyedot debu dan kotoran sebanyak mungkin.

Selanjutnya, ambil ember berisi air sabun, sikat berbulu, dan cuci filter di dalam air berbusa, kemudian sikat dengan lembut seperlunya hingga bersih.

Keringkan filter AC sepenuhnya dengan cara diangin-anginkan sebelum memasangnya kembali. 

Bersihkan kumparan dan sirip AC

Selanjutnya, cara membersihkan AC jendela adalah bersihkan kumparan dan sirip AC. Temukan koil dan sirip evaporator di unit AC jendela, yang mengubah udara panas menjadi udara sejuk, lalu bersihkan dengan sikat gigi atau sikat berbulu halus.

Perlakukan kumparan dan sirip dengan lembut dan hati-hati agar tidak tertekuk atau rusak. Semprotkan kumparan dan sirip dengan udara bertekanan guna menghilangkan kotoran serta debu yang tersisa.

Bersihkan eksterior dan kisi-kisi

Bersihkan kisi-kisi unit AC jendela dengan kain atau lap basah. Jika kotorannya cukup banyak, bersihkan sesuai dengan petunjuk produsen dan rendam dalam air sabun hangat, gunakan sikat atau kain lap untuk membersihkan sela-sela kisi kisi.

Setelah itu, keringkan pemanas sepenuhnya sebelum memasangnya kembali. Selanjutnya, seka bagian atas dan samping unit AC jendela dengan kain lembap.

Jika AC jendela memiliki saluran pembuangan atau baki tetesan, bersihkan juga dengan mengosongkannya dan menyekanya hingga bersih. Biarkan benar-benar kering sebelum kembali ke unit AC. 

Berikan waktu yang cukup agar semua bagian benar-benar kering sebelum memasangnya kembali.

Sekarang, yang perlu Anda lakukan hanyalah bersantai, rileks, dan menikmati unit AC jendela yang bersih saat mengembuskan udara segar dan sejuk ke dalam rumah. 

Seberapa sering harus membersihkan AC jendela?

Meski beberapa komponen unit AC jendela memerlukan perhatian secara teratur, filter adalah bagian paling penting yang perlu dibersihkan secara rutin.

Disarankan mencuci filter yang dapat dilepas sebulan sekali. Tergantung pada seberapa sering mengoperasikan AC, filter AC jendela perlu diganti.

Banyak unit yang memiliki lampu yang menunjukkan kapan saatnya mengganti filter sehingga Anda akan tahu persis kapan harus menggantinya dengan yang baru.

Ketika unit AC jendela tidak digunakan, Anda dapat memilih melepas dan menyimpannya atau membeli penutup jendela untuk perlindungan di luar musim.

Kedua opsi ini akan mengurangi kotoran dan debu yang masuk ke unit AC jendela. 

Nah, itu dia sejumlah cara membersihkan AC jendela. Selamat mencoba! 

https://www.kompas.com/homey/read/2023/06/23/080600876/cara-membersihkan-ac-jendela-agar-bekerja-optimal-saat-cuaca-panas

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke