Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suhu AC yang Ideal dan Hemat Listrik Saat Cuaca Panas

Kompas.com - 22/08/2023, 11:55 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Cuaca panas yang berkepanjangan membuat banyak pemilik rumah menyalakan AC lebih lama untuk menyejukkan ruangan. Akan tetapi, menyalakan AC terus-menerus bisa membuat tagihan listrik meningkat.

Pada hari-hari ketika cuaca panas terik, Anda mungkin tergoda untuk menurunkan suhu AC agar ruangan sejuk, tetapi hasilnya adalah tagihan listrik yang tinggi di akhir bulan. Ini adalah proposisi yang rumit, sehingga beberapa masukan ahli dapat membantu memberikan solusi.

Nah, berapa suhu AC yang ideal saat cuaca panas agar tagihan listrik tidak melonjak? Dikutip dari Real Simple, Selasa (21/8/2023), berikut penjelasannya.

Baca juga: 5 Penyebab AC Mengeluarkan Suara Dengung, Bisa Bikin Kebakaran

Ilustrasi AC di rumah, AC tidak dingin. SHUTTERSTOCK/ANTONIODIAZ Ilustrasi AC di rumah, AC tidak dingin.

Suhu AC yang ideal saat cuaca panas

Menurut Departemen Energi AS, 25 derajat celcius adalah pengaturan suhu AC yang paling hemat biaya selama bulan-bulan cuaca panas, menjadikannya suhu yang ideal untuk siang hari, kata Angie Hicks, chief customer officer di Angi dan salah satu pendiri Angie's List.

Hicks menambahkan, suhu ideal Anda bisa lebih tinggi atau lebih rendah tergantung pada preferensi pribadi, lokasi, dan jenis AC yang Anda miliki.

Jika Anda akan berada di rumah sepanjang hari, Anda harus menyetel suhu AC ke kisaran suhu yang nyaman.

Kebanyakan orang memilih suhu 20-an (derajat celcius) selama bulan-bulan cuaca panas, tetapi itu sangat tergantung pada preferensi pribadi. Perlu diingat bahwa tagihan listrik akan meningkat jika Anda memilih suhu yang jauh lebih rendah daripada suhu di luar, terang Hicks.

Baca juga: AC Inverter Vs Non Inverter, Mana yang Terbaik?

Pengaruh suhu AC terhadap tagihan listrik

Sistem AC menggunakan listrik untuk mendinginkan udara di dalam rumah. Saat di luar panas, AC perlu menggunakan lebih banyak listrik untuk mendinginkan rumah, yang menyebabkan tagihan listrik lebih tinggi.

Menemukan suhu ACyang tepat bisa sedikit lebih rumit jika Anda menggunakan AC window, ungkap Austyn Hoelter, merchant di The Home Depot.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com