Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Jitu Menciptakan Kamar Tidur yang Bersih dan Rapi

Kompas.com - 19/10/2023, 10:35 WIB
Anggita Budi Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kamar tidur menjadi tempat tidur, beristirahat, dan memulihkan energi setelah beraktivitas seharian.

Untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik, Anda membutuhkan kamar tidur yang nyaman dan tenang. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kenyamanan kamar tidur adalah kondisinya yang bersih dan bebas berantakan.  

Baca juga: 3 Area Terlarang Meletakkan Cermin di Kamar Tidur Menurut Feng Shui

Kamar tidur yang rapi dan bersih dapat memberikan rasa nyaman serta tenang sehingga membantu tidur lebih baik, bahkan berkualitas. Selain itu, kamar tidur yang rapi dapat meningkatkan suasana hati dan produktivitas Anda.

Dikutip dari Homes and Gardens, Kamis (19/20/2023), berikut lima cara menciptakan kamar tidur yang bersih dan rapi

Gunakan penyimpanan tertutup

Ilustrasi kamar tidur dengan balok kayu pada plafon.Shutterstock/Justin_Krug Ilustrasi kamar tidur dengan balok kayu pada plafon.

Ruang penyimpanan tertutup, seperti laci, rak, dan lemari, dapat membantu menjaga kamar tidur tetap rapi serta bersih.

Barang-barang yang disimpan di dalam ruang penyimpanan tertutup tidak akan terlihat berantakan dan mengganggu pemandangan.

Selain itu, penyimpanan tertutup jug membantu menjaga barang-barang yang sering digunakan tetap terorganisir dan mudah ditemukan. 

Baca juga: Dampak Buruk Meletakkan TV di Kamar Tidur Menurut Feng Shui

Batasi barang yang tidak berkaitan dengan tidur

Selanjutnya, cara menciptakan kamar tidur yang bersih dan rapi adalah membatasi barang-barang yang tidak berkaitan dengan tidur di dalam ruangan, seperti alat olahraga, alat kerja, elektronik, dan dekorasi yang berlebih.

Sebab, barang-barang ini dapat membuat kamar tidur terasa berantakan dan tidak nyaman. Sebaiknya, Anda menyimpan barang-barang ini di tempat penyimpanan di ruangan lain di rumah. 

Baca juga: 5 Ide Warna Terbaik Kamar Tidur Kecil agar Tampak Menarik

Jaga lantai tetap rapi

Ilustrasi cermin dekoratif di kamar tidur.SHUTTERSTOCK/PIXEL-SHOT Ilustrasi cermin dekoratif di kamar tidur.

Barang-barang yang berserakan di lantai dapat membuat kamar tidur berantakan. Bantal dan selimut yang tergeletak di lantai adalah salah satu penyebabnya.

Maka itu, penting menjaga lantai tetap rapi dan bebas barang di lantai. Begitu pun pastikan barang-barang yang disimpan di ruang penyimpanan di kolong tempat tidur terlihat karena dapat membuat Anda merasa tidak nyaman.  

Baca juga: 5 Warna Cat Kamar Tidur yang Menenangkan, Bikin Tidur Berkualitas

Segera masukkan pakaian

Meski terkadang malas umerapikan pakaian, memasukkan pakaian ke laundry basket atau keranjang pakaian kotor dengan segera setelah dikenakan kan membuat kamar tidur tetap rapi dan bersih.

Jika meletakkan pakaian tersebut ke kursi atau lantai di sudut kamar tidur, tumpukan pakaian tersebut akan bertambah besar serta membuat ruangan berantakan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com