Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AC Portable Vs Air Cooler, Mana yang Terbaik Digunakan di Rumah?

Kompas.com - 01/09/2023, 07:19 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Ideal Home

JAKARTA, KOMPAS.com - Air conditioning (AC) portable dan air cooler memiliki tampilan yang sekilas tampak sama dan diletakkan di lantai.

AC portable dan air cooler juga berfungsi sama menyejukkan dan mendinginkan ruangan, terlebih saat cuaca panas.  

Baca juga: 6 Jenis Bau yang Keluar dari AC, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Namun, kedua peralatan ini membuat banyak orang bertanya-tanya apa perbedaan AC portable dan air cooler

Kedua peralatan dalam ruangan ini sama-sama mengklaim dapat mendinginkan ruangan dengan cepat. Namun, ada beberapa perbedaan AC portable dan air cooler secara signifikan, termasuk cara kerja dan hasil yang dicapai.

Lantas, manakah yang terbaik? 

Berikut sejumlah perbedaan AC portable dan air cooler guna membantu Anda membuat keputusan tepat untuk rumah dilansir dari Ideal Home, Jumat (1/9/2023). 

Baca juga: 5 Cara Merawat AC agar Tidak Mudah Rusak, Apa Saja?

Cara kerja AC portable 

AC portable dari Midea dalam gelaran Jakarta Fair 2023 di Kemayoran, Jakarta Pusat.Kompas.com/Esra Dopita Maret AC portable dari Midea dalam gelaran Jakarta Fair 2023 di Kemayoran, Jakarta Pusat.
AC portable adalah jenis perangkat pendingin yang berdiri sendiri dan dapat dipindahkan di sekitar rumah untuk mendinginkan ruangan.

Pendingin udara portable biasanya berukuran cukup besar dan membutuhkan akses ke soket listrik, ditambah harus ditempatkan di dekat jendela agar panas yang diambil dari udara di dalam ruangan dapat dibuang ke luar melalui selang.

AC portable bekerja menggunakan kipas angin untuk menarik udara ke dalam unit dan melintasi koil kondensor yang diisi dengan zat pendingin yang mendinginkan udara.

Kemudian meniupkan udara yang telah didinginkan kembali ke dalam ruangan, sementara panasnya dibuang ke luar melalui jendela. 

Baca juga: Cara Membersihkan Filter AC agar Tidak Jadi Sarang Debu

Nick Kandola dari AirConCentre, penjual AC dengan pengalaman selama lima belas tahun di dunia pendingin dalam ruangan, menjelaskan AC portable adalah unit kuat dan dapat digunakan untuk mendinginkan ruangan atau tempat di dalam rumah.

Berbeda dengan unit AC split tradisional yang dipasang secara permanen, AC portable merupakan unit mandiri yang dapat mudah dipindahkan antarruangan tanpa perlu instalasi permanen.

"Anda hanya perlu menggunakan selang saluran, yang sering kali disertakan dengan unit, untuk membuang udara panas yang tidak diinginkan keluar dari jendela," jelas Nick. 

Kelebihan AC protable 

Nick mengatakan, selain portabilitas, hal yang membuat AC portable begitu populer karena sangat efektif mendinginkan ruangan dibanding pilihan lain, seperti kipas angin atau air cooler.

"Itu karena mereka adalah satu-satunya pilihan menarik udara hangat dan menggunakan refrigeran untuk mendinginkannya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com