Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/12/2023, 18:49 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Living Etc

JAKARTA, KOMPAS.com - Desember atau bulan Natal akhirnya tiba, yang berarti dekorasi Natal yang meriah sudah bisa diterima secara sosial.

Dalam hal dekorasi Natal, pohon Natal bisa dibilang merupakan elemen paling penting dari semuanya. Hal ini tak hanya karena ukuran pohon Natal yang besat dan bentuknya yang khas, tapi juga menjadi titik fokus serta tempat menyimpan hadiah-hadiah menjelang Natal. 

Baca juga: 6 Skema Warna Natal yang Populer di Tahun 2023

Memasang pohon Natal adalah ritual nostalgia yang memberi semangat meriah. Sebagai jantung rumah selama musim liburan, pohon Natal harus memiliki tempat yang membanggakan sehingga bisa memberikan kekaguman pada Anda, keluarga, dan tamu. 

Namun, di mana sebaiknya meletakkan pohon Natal di rumah untuk memaksimalkan kontribusinya pada desain meriah Anda?

Banyak faktor yang perlu dipertimbangkan saat meletakkan pohon Natal di rumah, seperti tata letak ruangan yang canggung, sumber panas, dan ukuran ruangan. 

Hal-hal ini dapat membuat sulit untuk memutuskan di mana harus meletakkan pohon Natal. Untungnya, dikutip dari Living Etc, Senin (4/11/2023), sejumlah ahli dan desainer interior membagikan tempat terbaik meletakkan pohon Natal di rumah.  

Baca juga: Catat, Ini 5 Waktu Terbaik Memasang Dekorasi Natal di Rumah

Hindari sumber panas 

Ilustrasi ruang keluarga dengan dekorasi Natal.Shutterstock/Pixel-Shot Ilustrasi ruang keluarga dengan dekorasi Natal.
Tentu saja, Anda ingin pohon Natal diposisikan di area ruangan yang mudah terlihat, tetapi ada juga beberapa hal praktis yang harus dipertimbangkan. 

Deemer Cass, pakar pohon Natal dari Fantastic Gardeners, mengatakan kesalahan utama yang sering terjadi adalah menempatkan pohon di dekat sumber panas. 

Hindari meletakkan pohon Natal hidup miupun artifaa di dekat radiator dan perapian untuk mencegahnya mengering, terlihat layu, dan rontok.

Menghindari radiator dan menyiram pohon Natal hidup secara teratur juga penting menjaga pohon tetap hidup hinggi hari H atau 25 Desember. 

"Bagi mereka yang ingin memasang pohon Natal lebih awal, kami merekomendasikan pohon cemara Nordmann karena akan hidup paling lama dalam kondisi panas dan jarum-jarumnya tidak akan jatuh untuk waktu ama," jelas John Lawless dari BestHeating.

Akan tetapi, sumber panas tidak akan menjadi masalah jika memiliki pohon Natal buatan. 

Baca juga: 6 Cara Mendekorasi Rumah untuk Menyambut Natal

Letakkan di sudut jika ruangan lebih kecil 

Sudut ruangan sering kali menjadi tempat favorit banyak orang untuk meletakkan pohon Natal di rumah. Hal ini punya alasan bagus, seperti tidak akan memakan banyak ruang lantai. 

Namun, meletakkan pohon Natal di ruang tamu kecil adalah tantangan yang banyak kita hadapi sepanjang tahun ini, tapi sudut adalah tempat terbaik meletakkan pohon Natal di rumah, terlebih jika ruangan tidak terlalu luas.

"Pohon Natal harus melengkapi ruangan, jadi jika tidak memiliki tempat cocok untuk itu, saya sarankan memindahkan barang atau perabot dari ruangan dan meletakkan pohon di tempatnya," kata Wendy Rea, penjual bunga dan Manajer di Direct2Florist.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com